©shutterstock

Eits, Jangan Asal Membersihkan 'Lubang Tubuh'

Ada tiga lubang di tubuh yang harus selalu dijaga kebersihannya yaitu lubang telinga, pusar, dan hidung. Ketiganya memberikan peran penting terhadap kesehatan dan keseimbangan tubuh sehingga kalau sampai tertutup kotoran bisa-bisa hal tersebut terganggu. Namun lubang tubuh ini tidak boleh dibersihkan sembarangan. Ada cara-cara yang harus diikuti agar tidak merusaknya. Mau tahu bagaimana cara yang tepat? Cek di sini ya!

Telinga

Untuk membuat telinga bersih Anda membutuhkan baby oil, bola kapas, dan handuk bersih. Pertama-tama teteskan baby oil ke daun telinga. Lakukan dengan posisi menengadah ke atas, kemudian tahan supaya baby oil bisa menyebar ke seluruh sekatnya. Rendam bola kapas dalam baby oil lalau letakkan pas di atas lubang telinga. Kalau ukurannya terlalu besar bisa disesuaikan namun jangan sampai masuk ke dalam ya. Tunggu 15 menit biar semua kotorannya terangkat dan mudah dibersihkan.

Kalau sudah, ambil kapas yang menyumbat lubang telinga dan oleskan bola kapas yang sudah dibasahi air hangat untuk membilas daun telinga. Keringkan pakai handuk, selesai! Hindari mengorek telinga menggunakan cotton bud karena malah membuat kotoran masuk terlalu dalam dan menumpuk di sana.

Hidung

Dalam lubang hidung sering terdapat kotoran yang mengganjal. Untuk mengeluarkannya, orang-orang sering menggunakan jari langsung untuk menariknya keluar. Namun cara ini ternyata tidak efektif karena bisa menyakiti hidung. Jadi cara yang tepat adalah dengan membasahi rongga hidung menggunakan air lalu dihembuskan kuat-kuat.

Pusar

Bisa dibilang pusar adalah lubang tubuh yang sensitif jadi Anda harus berhati-hati saat membersihkannya. Sambil telentang, teteskan baby oil ke pusar hingga membentuk kubangan kecil. Tunggu salam 10 menit agar kotorannya gampang merenggang dan mudah diangkat. Kalau sudah, gosokkan kapas bersih untuk membersihkan sisa baby oil dan kotoran di dalamnya.

Mudah bukan? Anda bisa lho mencobanya sendiri di rumah. Namun hati-hati-hati ya! Jangan sampai melukai lubang-lubang tadi karena kalau hal itu terjadi bisa berakibat infeksi. Selamat mencoba!

Share artikel ini:

Artikel Terkait