Hidangan Sehat Pendukung Kecerdasan Anak

Proses tumbuh kembang si kecil memang akan mengalami peningkatan seiring dengan pertambahan usianya. Proses tumbuh kembang ini tentu tidak akan menjadi baik, manakala tidak diimbangi dengan asupan yang cukup gizi. Sepiring nasi dengan sepotong ayam goreng masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi harian si kecil. Dia juga membutuhkan beragam sayuran yang juga penting untuk melancarkan metabolismenya.

Tidak hanya mendukung kesehatannya saja, beragama makanan ini juga bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak si kecil. Dicatat baik-baik ya, Bu.

Brokoli

Makanan pertama yang bisa disajikan kepada si kecil adalah brokoli. Sayuran hijau ini memiliki kandungan kolin yang cukup tinggi. Kolin memiliki peran yang baik untuk menunjang pembentukan sel otak baru serta meningkatkan daya ingat otak. Brokoli juga mengandung banyak vitamin K yang dapat melancarkan fungsi kognitif pada otak. Biar lebih efektif, konsumsi brokoli ini tiga kali seminggu.

Walnuts

Makanan yang satu ini berbentuk kacang yang sudah cukup terkenal khasiatnya. Walnut memiliki kandungan omega-3 yang cukup baik. Omega-3 mampu meningkatkan perlindungan pada otak hingga bisa meningkatkan fungsi neurotransmiter. Proses ini akan memberikan efek baik bagi keterampilan dan memori yang dimiliki si kecil. Walnut atau kacang kenari ini juga mampu meningkatkan suplai oksigen dalam darah ke otak, sehingga membuat aktivitas berpikir lebih lancar dan fokus.

Kunyit

Ada lagi kunyit yang biasa digunakan dalam olahan Nusantara. Penelitian yang dilakukan oleh Alzheimer Disease Research Center, University of California Los Angeles, rutin mengonsumsi kunyit dapat membuat daya pikir cemerlang. Di samping itu, kunyit juga memiliki kandungan kurkumin yang melimpah. Senyawa antioksidan ini berperan mencegah kepikunan dini. Manfaat lainnya, kunyit juga bisa mencegah terjadinya peradangan pada otak.

Salmon

Sumber makanan lainnya adalah salmon khususnya yang liar. Otak manusia 60 persen terdiri dari lemak, sehingga memerlukan asupan lemak sehat agar bisa bekerja optimal. Salah satu sumber asam lemak sehat adalah salmon. Ikan ini mengandung omega-3 yang baik untuk meningkatkan kekuatan otak. Selain itu, salmon juga mengandung docosahexaenoic acid (DHA) yang juga dapat mencegah gangguan kemunduran otak seperti Alzheimer.

Begitu melimpah khasiat dari sumber makanan sehat ini. Langsung dimasak ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait