©shutterstock

Ikan Bandeng, Ikan Khas di Perayaan Imlek

Masih edisi Imlek, sudah menyajikan apa saja di rumah? Perayaan tahun baru Cina memang tidak dilakukan oleh semua orang, termasuk di negara Indonesia. Tahun baru ini memang lebih terasa spesial bagi orang Cina. Di samping sebagai warisan leluhur, hal ini juga sebagai penanda munculnya keberuntungan baru di pergantian tahun. Meski begitu, semarak datangnya Imlek memang begitu terasa.

 

Maklum saja, saat perayaan tahun baru Cina tiba segenap masyarakat yang lain juga ikut terlibat di dalamnya. Salah satunya dalam hal komoditas makanan. Tahun baru Cina identik dengan pesta makanan yang beragam. Uniknya, makanan yang disajikan tidaklah sembarangan. Makanan ini harus sesuai dengan tradisi yang ada agar tetap memberikan keberkahan dan keberuntungan saat Imlek tiba.

 

Di antara makanan yang khas dan selalu ada dalam hidangan perayaan tahun baru Cina adalah ikan bandeng. Ikan yang banyak dibudidayakan di Indonesia ini memang begitu spesial bagi orang Cina. Ikan yang juga memiliki nama milkfish ini dipercaya oleh masyarakat Cina bisa mendatangkan keberuntungan saat perayaan tahun baru Cina. Bukan hanya itu, memakan ikan bandeng saat Imlek juga bisa mendatangkan umur panjang sesuai dengan tradisi dan budaya Tionghoa.

 

Ditinjau dari sisi nutrisi, ikan bandeng termasuk makanan yang bergizi tinggi. Christine Gray, ahli nutrisi dari University of Michigan, menyebutkan ikan bandeng seberat 85 gram mengandung 162 kalori. Dari jumlah tersebut ditemukan protein sebesar 22 gram, 7,3 gram lemak sehat, 3 gram lemak terlarut. Kandungan protein yang ada di dalamnya dapat memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 55 persen. Anda bisa menyajikannya dengan sepiring nasi sebanyak 200 gram (setara satu sendok nasi), 100 gram sayuran (setara satu mangkuk sedang mangkuk sup sedang) dan 100 gram buah (setara satu buah pisang, buah naga atau ¼ bagian semangka) agar bisa memenuhi Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian.

 

Lebih lanjut, ikan bandeng ternyata juga kaya vitamin B12 dan B6 yang masing-masing memiliki manfaat yang baik untuk menunjang proses metabolisme. Jika Anda termasuk orang yang merayakan Imlek atau hendak memilih ikan bandeng sebagai salah satu sajian istimewa, pilihlah ikan yang masih segar. Pilih ikan bandeng yang bersisik mengkilap, mata yang utuh dan bening serta tekstur daging dan bau ikannya masih jelas. Selamat berbelanja ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait