Imbas Kesehatan Saat Tubuh Kekurangan Gizi

Alangkah bahagianya orang tua jika melihat anak-anak yang mereka cintai tumbuh dengan sehat dan optimal. Tentu Anda juga termasuk dalam kategori itu bukan? Guna mencapai hal tersebut, anak-anak perlu diberi asupan gizi yang seimbang. Mengapa harus seimbang? Sebab masing-masing zat gizi memiliki fungsi serta manfaat yang berbeda-beda bagi tubuh.

Jika si kecil mengonsumsi makanan dan minuman yang kurang bergizi, mereka pun berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini dampak negatif dari kekurangan zat gizi menurut Sahabat Nestle.

Karbohidrat
Tubuh memerlukan asupan karbohidrat sebagai sumber energi. Jika kekurangan karbohidrat, maka si kecil akan mengalami gangguan seperti malnutrisi, tubuhnya cenderung kurus, lemah tak berenergi, gangguan metabolisme otak hingga risiko terkena busung lapar.

Protein
Selain sebagai sumber energi, protein juga unsur yang memperkuat sistem pertahanan tubuh. Itulah sebabnya mengapa anak mudah sakit dan mengalami gangguan metabolisme tubuh jika kekurangan protein. Bahkan penyakit busung lapar tak hanya terjadi jika kekurangan karbohidrat semata, kekurangan protein juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Lemak
Lemak tetap dibutuhkan terutama oleh anak-anak yang aktif dan dalam masa pertumbuhan. Lemak dibutuhkan juga dalam pembentukan sel dan membantu agar sel menjadi lentur sehingga dapat menyerap nutrisi dengan baik. Jika anak Anda kekurangan lemak, maka ia akan mengalami penurunan daya tahan tubuh, kurang bertenaga, gangguan tumbuh kembang serta kekurangan vitamin yang larut dalam lemak yakni vitamin A, D, E dan K.

Mineral
Mineral berfungsi untuk membantu proses pertumbuhan, pengaturan, dan perbaikan fungsi tubuh. Sebenarnya mineral dibutuhkan dalam jumlah kecil, namun seringkali masih banyak anak yang kekurangan zat ini. Anak yang kekurangan mineral seperti zat besi, akan mengalami penurunan konsentrasi dan IQ, mudah sakit dan tidak nafsu makan. Secara umum, anak akan mengalami gangguan metabolisme jika kekurangan mineral. Anak pun bisa mengidap penyakit gondok jika kekurangan mineral berupa yodium.

Vitamin
Vitamin merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan menjalankan fungsinya dengan baik. Jika anak Anda kekurangan vitamin A, maka ia akan mengalami gangguan pada matanya. Sementara itu jika ia kurang asupan vitamin C, maka ia akan mudah sekali terkena sariawan.

Nah itulah berbagai zat gizi yang harus dipenuhi setiap harinya agar si kecil senantiasa sehat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait