Investasi Kesehatan Sejak Dini

Langkah awal mendapatkan umur panjang.

The first wealth is health.

Kutipan ini seolah ingin menggambarkan betapa berharganya kesehatan. Apalah arti semua uang dan kedudukan, jika tubuh kita dihinggapi berbagai penyakit. Oleh karena itu, memupuk pola hidup sehat sejak dini bisa menjadi langkah terbaik untuk membentengi tubuh dari berbagai risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, hingga kanker.

Sayangnya, masih banyak orang yang berpikir bahwa menjalani pola hidup sehat itu repot dan sulit. Saatnya membuang jauh-jauh anggapan salah tersebut, dan dapatkan tubuh sehat dengan melakukan tip di bawah ini dari sekarang.

1.    Bersahabat dengan air putih.

Mungkin tip ini terdengar mudah. Namun, tidak sedikit dari kita yang sering mengabaikannya. Jangankan menaati aturan 8 gelas per hari, kita cenderung minum bila haus saja. Padahal, haus adalah tanda bahwa tubuh kita sudah mengalami dehidrasi.

Dalam jangka pendek, kekurangan cairan tubuh bisa membuat kerja otak terganggu, stres, gelisah, sulit fokus, hingga ketidak stabilan emosi. Sedangkan dalam jangka panjang, dehidrasi bisa picu kegemukan, kerutan di wajah, sembelit, kanker usus sampai masalah batu ginjal. Mulai sekarang, usahakan minum sebelum haus. Cukupi kebutuhan tubuh akan air dengan selalu membawa tumbler atau botol minum kemana pun kita pergi.

2.    Terapkan pola makan seimbang.

Tak hanya membuat pinggang ramping, pola makan seimbang juga akan membuat kita tetap berenergi dan senantiasa sehat. Seimbang, artinya selalu ada daging, protein, buah, sayur, dan gandum utuh dalam menu harian kita.

3.    Selalu aktif bergerak.

Untuk menjadi sehat, olahraga adalah kontrak yang harus kita jalani seumur hidup. Tapi tidak melulu harus pergi ke pusat kebugaran, kita bisa mengecap manisnya olahraga dengan membiasakan diri untuk terus bergerak, seperti memperbanyak jalan kaki, memilih tangga ketimbang eskalator atau lift, atau angkatlah telepon sambil berdiri. Dengan rutin bergerak, dipastikan kita akan memiliki umur pajang, bebas pikun, jarang terserang penyakit dan tubuh yang ideal.

4.    Cukup tidur.

Jangan anggap remeh kegiatan satu ini. Minimnya waktu istirahat bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, dari kegemukan, stroke, jantung, deperesi, hingga penuaan kulit. Pastikan kita tidur 7-8 jam setiap malamnya. Sulit tidur? Buat tubuh lebih rileks dengan melakukan yoga, meditasi atau mendengarkan alunan musik sebelum tidur.

Tidak perlu repot, lakukan perubahan kecil di atas dan mulailah hidup sehat dari sekarang.

Share artikel ini:

Artikel Terkait