Isi Ideal Sebuah Kotak Obat

Anda mungkin menilai kotak obat adalah hal yang sederhana, namun dalam keadaan darurat kotak ini memiliki peran yang sangat penting. Namun, tahukah Anda bagaimana isi kotak obat yang ideal?

Kotak obat disebut ideal jika dapat membantu meredakan keluhan atau ancaman terhadap kesehatan setiap saat. Obat yang tersedia pun bukan hanya obat yang bersifat umum, tapi sebaiknya berisi obat khusus yang diperlukan oleh anggota keluarga yang mengidap penyakit tertentu. Berikut adalah daftar obat apa saja yang harus ada pada kotak obat Anda.

Obat Simptomatik

Obat simptomatik adalah jenis obat yang hanya berfungsi untuk meredakan keluhan dan gejalanya saja. Obat jenis ini diberikan sebagai pertolongan pertama untuk meredakan sakit, misalnya diare, flu, demam, nyeri gigi, pusing, mual dan batuk. Obat simptomatik umumnya boleh dibeli bebas di toko tanpa harus menggunakan resep dokter. Nah, ini salah satu jenis obat yang harus ada di rumah Anda ya.

P3K

Selain obat, P3K atau pertolongan pertama pada kecelakaan sangatlah penting tersimpan rapi dalam kotak obat Anda. Keadaan darurat bisa saja terjadi pada salah satu anggota keluarga yang terjatuh dari sepeda, teriris pisau atau terkena luka bakar. Alat peralatan P3K seperti alat pembersih (alkohol dan antiseptik untuk mengurangi risiko infeksi) perban atau perekat (plester dan kasa), obat pereda sakit (aspirin), lodin (untuk mengontrol pertumbuhan bakteri pada luka) sangatlah dibutuhkan. Lebih baik lagi jika Anda belajar bagaimana cara menangani pertolongan pertama pada kecelakaan dan cara membalut yang baik dan benar.

Obat Khusus

Jika salah satu anggota keluarga Anda mengidap penyakit tertentu, pastikan selalu menyediakan obat khusus dari dokter di kotak obat. Anda juga harus mengetahui obat mana yang wajib diberikan pada pasien untuk pertolongan pertama. Jika ada yang menderita asma, sebaiknya sediakan juga tabung oksigen di rumah ya.

Yang perlu Anda ingat lagi adalah, pastikan selalu mengecek tanggal kadaluarsa obat yang ada dalam kotak obat Anda, ya. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait