Jaga Kesehatan Jantung Si Kecil Sejak Dini

7727f135a8206d1fce804dbfa571f5e998286e5b.jpeg

Semakin tingginya kasus kematian akibat penyakit jantung, ditengarai sebagai salah penyebab orang-orang ingin beralih ke gaya hidup sehat. Sayangnya, kesadaran ini masih belum sepenuhnya terjadi pada masyarakat. Mereka masih memiliki anggapan bahwa hidup sehat terlalu mahal untuk dilakukan. Padahal, hal itu tidaklah benar, karena hidup sehat hanya membutuhkan dorongan agar bisa melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Untuk itu, ajaklah si kecil untuk menjaga kesehatan jantung dengan menerapkan pola hidup sehat sejak dini. Apa saja kiatnya? Berikut ini lansiran lengkapnya.

Awali dengan makan sehat
Mumpung buah hati Anda masih kecil, kenalkan dia dengan banyak variasi makanan sehat. Biasakan si kecil makan sayur dan buah-buahan secara komplit. Anda bisa membuatnya salad maupun smoothie yang bisa disajikan saat jam ngemilnya tiba. Selain itu, kebutuhan protein juga perlu didapatkan oleh si kecil. Sajikan daging, telur, unggas dan ikan dalam bentuk hidangan yang lezat. Usahakan menyajikan sajian yang bebas gorengan dan gula berlebihan agar anak terbiasa makan sehat sejak dini.

Lanjutkan dengan olahraga
Makanan sehat tersebut akan memberikan banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung. Supaya lebih maksimal, imbangi dengan olahraga. Makanan yang sudah dimakan dalam tubuh akan berubah menjadi kalori. Selanjutnya, kalori ini diproses menjadi energi. Olahraga dapat membantu proses ini menjadi lebih optimal. Bukan hanya itu saja, olahraga juga bakal membuat otot tubuh si kecil berkembang dan semakin menyehatkan jantungnya.

Istirahat cukup waktu
Tiba malam hari, dorong si kecil untuk mengistirahatkan diri lebih awal. Anak-anak membutuhkan banyak istirahat untuk melancarkan proses tumbuh kembangnya. Di samping itu, otak si kecil akan mengalami perkembangan yang optimal manakala dia bisa beristirahat dengan cukup. Biar bisa tidur dengan cepat, bacakan beberapa buku cerita kepada si kecil.

Tiga komponen ini akan membuat kesehatan jantung si kecil senantiasa terjaga. Terlebih jika dalam satu keluarga dapat menerapkan pola hidup sehat bersama-sama, maka si kecil akan lebih mudah untuk memulainya. Anda pun dapat merasakan kebahagiaan keluarga yang lebih lama. Semoga berhasil ya, Bu.