©shutterstock

Jangan Lupa Menggosok Punggung ya, Nak!

Anak-anak kadang suka lupa untuk menggosok punggungnya saat mandi. Kalau ditanya mengapa, alasannya beragam. Tapi yang paling klise adalah tangannya tidak bisa mencapai bagian punggung untuk menggosoknya secara keseluruhan. Sebagai orangtua, coba sesekali temani si Kecil mandi dan ajarkan bagaimana cara menggosok punggung. Kalau tangan mungilnya belum sampai, manfaatkan sikat mandi yang memiliki bulu lembut dan gagang panjang untuk mengangkat kotoran di punggungnya.

Gosokkan searah agar kotoran dan sel kulit mati luruh sehingga punggung bersih sempurna. kalau sudah bersih, bilas dengan air lalu olesi sabun agar punggung makin bersih. Ngomong-ngomong, kenapa sih harus menggosok punggung saat mandi? Berikut alasannya.

Membuat Kulit Makin Cerah

Kotoran dan sisa sel kulit mati yang terangkat dari punggung si Kecil akan membuat kulitnya makin cerah. Seiring berjalannya waktu, warna kulit si Kecil yang dulunya putih bisa berubah cokelat karena terlalu sering main di bawah terik matahari. Nah, dengan menggosok badan saat mandi, hal tersebut bisa dicegah sehingga kulit si Kecil tetap cerah bersinar.

Menghaluskan Kulit

Punggung yang jarang digosok akan terasa kasar, hal ini terjadi karena banyak kuman dan sel kulit mati yang menempel di sana. Untuk itu, yuk mulai ajari si Kecil untuk selalu menggosok punggung setiap mandi supaya kulitnya jadi halus. Anda bisa menggunakan krim scrub khusus anak-anak untuk mengusir segala macam material yang menyebabkan kulit punggung jadi kasar. Si Kecil pasti akan senang sekali kalau badannya bersih dan kulitnya jadi halus.

Relaksasi

Menggosok seluruh badan saat mandi juga bisa menjadi media relaksasi. Setelah seharian bermain, temani si Kecil mandi dan gosok punggungnya secara perlahan supaya rasa lelah yang dirasakannya hilang. Setelah itu, Anda bisa mengajaknya berendam air hangat yang sudah ditambahkan aroma terapi supaya badannya makin rileks.

Awalnya memang sedikit susah mengajarkan si Kecil kebiasaan ini. Tapi lama-kelamaan dia pasti megerti dan bisa melakukannya sendiri. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera ajari si Kecil!

Share artikel ini:

Artikel Terkait