Kebaikan Di Balik Kesegaran Air Kelapa

Di tengah cuaca yang terik di siang hari, minuman dingin memang menjadi idaman yang ingin diseruput terus-terusan. Apalagi jika kesegaran minuman ini begitu alami seperti air kelapa, sungguh sulit untuk menolaknya. Sinar matahari yang bersinar terlampau panas memang membuat tenggorokan sangat kering. Adanya air kelapa tentunya sangat membantu mengatasinya. Itu hanya salah satu dari manfaat air kelapa. Di balik kesegarannya, minuman alami ini menyimpan berbagai kebaikan untuk kesehatan tubuh. Simak yuk!

Rendah kalori

Arah tren gaya hidup di zaman modern memang sangat kental rasanya. Termasuk mewabahnya minuman kaleng yang dirasa praktis dan cepat menghilangkan dahaga. Namun begitu, Lillian Cheung, D.Sc., R.D., praktisi kesehatan dari Harvard School of Public Health, menyebutkan jika air kelapa masih lebih baik manfaatnya bagi tubuh. Di balik kesegarannya minuman kaleng banyak menyumbangkan gula dan kalori berlebihan bagi tubuh, sebaliknya air kelapa rendah kalori namun banyak kandungan nutrisinya.

Melepas dahaga

Minuman kaleng hanya bisa menjauhkan haus dalam waktu sesaat, setelah itu akan membuat tubuh merasa haus lagi. Ini diakibatkan soda banyak mengikat oksigen dan menambah jumlah karbondioksida hingga akhirnya tubuh menjadi lebih panas dan cepat haus. Selain bisa mengatasi dehidrasi, air kelapa juga menyimpan banyak mineral yang dapat melancarkan sirkulasi darah dan membuat tubuh kembali segar. Begitu menurut penjelasan Lilian Cheung.

Tinggi kalium

Menurut Lillian, salah satu mineral yang banyak ditemukan dalam air kelapa adalah kalium. Mineral ini dapat menunjang kinerja tubuh saat beraktivitas. Bukan hanya itu saja, kalium juga membantu menjaga sirkulasi udara dan kebutuhan cairan dalam tubuh tetap normal, sehingga tidak sampai membuat tubuh kelelahan akibat kehilangan banyak energi.

Penunjang energi

Tingginya nutrisi lain yang ada dalam air kelapa dapat pula mendongkrak produksi energi dalam tubuh. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, zat gizi baik yang sebagian besar berupa mineral dalam kelapa membantu mengikat oksigen dalam darah. Cadangan nutrisi akan kembali disalurkan dan membuat tubuh kembali berenergi. Stamina pun kembali fit untuk beraktivitas.

Luar biasa kan manfaat dari air kelapa ini?

Share artikel ini:

Artikel Terkait