©shutterstock

Kenalan Dengan Makanan Sumber Vitamin B!

Kebutuhan tubuh akan nutrisi terus berlangsung sepanjang usia berlanjut manusia. Tak membedakan tua maupun muda, setiap waktu zat gizi dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk energi. Ibarat sebuah bensin, energi ini merupakan bahan bakar yang diperlukan untuk terus beraktivitas. Ketiadaan energi dapat membuat banyak kegiatan terganggu. Salah satu sumber nutrisi yang juga baik untuk membantu pembentukan energi dalam tubuh adalah vitamin B. Yuk kenalan dengan berbagai sumber makanan yang mengandung vitamin B berikut ini.

 

Vitamin B1

Vitamin B termasuk jenis vitamin yang banyak macamnya. Salah satunya adalah vitamin B1 atau yang dikenal dengan sebutan Tiamin. Molly McAdams, praktisi gizi dari New York, menyebutkan vitamin B1 bermanfaat untuk menunjang proses metabolisme. Vitamin B1 banyak didapatkan dari sayuran hijau, daging dan sereal gandum yang dapat Anda nikmati saat sarapan.

 

Vitamin B2

Selain Tiamin, ada pula Riboflavin yang merupakan nama lain dari vitamin B2. Molly menjelaskan vitamin B2 memiliki peran yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Riboflavin banyak ditemukan dalam susu dan olahannya seperti yogurt dan keju. Sayuran hijau seperti asparagus, bayam, ikan, telur, sayuran berdaun hijau gelap merupakan sumber vitamin B2 yang bisa Anda masukkan dalam menu sehat sehari-hari.

 

Vitamin B3

Beda angka di belakangnya beda pula nama dan manfaatnya. Vitamin B3 disebut sebagai Niasin. Vitamin ini dibutuhkan untuk menjaga peredaran darah tetap lancar. Konsumsi vitamin B3 secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, niasin merupakan sumber nutrisi dari vitamin B yang baik untuk menunjang pembentukan energi. Niasin banyak ditemukan dalam ayam, kalkun, salmon dan beberapa kacang-kacangan. Hal ini sesuai dengan penjelasan Molly McAdams yang merupakan master nutrisi ini.

 

Vitamin B9

Pernah mendengar asam folat? Itulah nama lain dari vitamin B9. Molly menjelaskan rata-rata kebutuhan asam folat setiap hari sebanyak 400 mikrogram. Asam folat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel darah merah dan menjaga fungsi saraf agar bisa berjalan normal setiap waktu. Sumber terbaik asam folat, yaitu bayam, buah-buahan dan sayuran segar yang bisa dinikmati setiap hari. Pasta, roti dan kue yang terbuat dari tepung gandum juga banyak mengandung asam folatnya.

 

Langsung masukkan sumber-sumber makanan tersebut ke dalam menu harian ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait