@shutterstock

Kenalan Dulu Dengan Antioksidan Untuk Si Kecil

Seiring berkembangnya zaman, kesadaran tentang pola hidup sehat juga semakin meningkat. Tidak hanya orang dewasa, si kecil juga harus mengerti tentang pentingnya hidup sehat. Pelajaran yang Anda berikan bisa diawali dari mengenalkan beraneka nutrisi pada makanan.  Salah satu zat gizi yang penting bagi tubuh adalah antioksidan.

Apa itu antioksidan?
Menurut National Institue of Health, antioksidan adalah zat gizi yang membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Nah, radikal bebas ini merupakan racun yang ditemukan di lingkungan dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti kanker dan gangguan jantung. Anda bisa menemukan kandungan antioksidan pada makanan sehat seperti sayuran dan aneka buah-buahan.

Pembelajaran sesuai usia
Mengajari si kecil tentang nutrisi itu sebenarnya gampang. Anda tidak perlu memakai bahasa yang bertele-tele seperti dosen yang sedang memberikan kuliah. Cukup menunjukkan buah  dan sayuran yang punya banyak antioksidan lalu menjelaskan dampak bagus dan buruknya bagi tubuh manusia.  Agar belajarnya lebih seru, Anda bisa sekalian mengajak si kecil memasak di dapur. Dengan begitu dia akan lebih cepat mengerti dan paham tentang antioksidan.

Sumber antioksidan
Antioksidan banyak terdapat dalam buah dan sayuran berwarna-warni. Keluarga buah berry juga memiliki antioksidan yang sangat banyak. Menurut situs webmd.com, dalam satu cangkir strawberry terdapat sekitar 4,873 antioksidan. Jumlah yang cukup banyak untuk menjaga tubuh si kecil tetap sehat. Selain itu, ada juga  paprika merah, semangka, kubis merah, ubi, dan wortel yang juga kaya akan antioksidan. Anda bisa mengajak si kecil berkreasi dengan bahan-bahan ini. Entah itu membuat pop sicle carrot watermelon, sup pelangi, atau bahkan muffin berries.

Antioksidan sangat penting untuk kesehatan si kecil. Begitu pula dengan aneka nutrisi lainnya. Oleh karena itu, pastikan Anda mencukupi seluruh kebutuhan zat gizi si kecil ya. Jangan biarkan dia jajan sembarangan agar nutrisi yang masuk tetap terkontrol. Semoga informasinya bermanfaat ya Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait