©shutterstock

Kenalan Dulu Dengan Kalsium, Nutrisi Penguat Tulang

Berbicara tentang kalsium memang yang mudah terlintas dalam benak setiap orang adalah kekuatan tulang. Benar saja, selama ini kalsium memang dikenal sebagai salah satu mineral yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tulang. Perannya yang penting dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap padat dan kuat khususnya untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Terlepas dari fungsinya yang sangat diperlukan oleh tulang, tubuh ternyata mengalami krisis kekurangan kalsium setiap hari. Cathy Kessenich, DSN, ARNP, ahli kesehatan dari Amerika menjelaskan dalam laporannya di Journal for Nurse Practitioner, tubuh tak bisa membentuk kalsium secara mandiri, tetapi jumlah kalsium dalam tubuh terus mengalami pengurangan setiap hari.

Menurut Cathy, kalsium dapat berkurang dalam tubuh lewat rambut yang rontok, kuku yang dipotong dan keringat. Selain itu, ketika buang air sebagian kalsium dalam tubuh juga ikut terbuang. Untuk alasan itulah kenapa tubuh perlu mengonsumsi sumber kalsium secara rutin. Berdasarkan Recommended Dietary Allowance (RDA), kebutuhan kalsium harian berbeda menurut usia.

Anak-anak yang berusia 1-3 tahun memerlukan kalsium sebanyak 500 miligram per hari. Di atasnya, anak-anak pada usia 4-8 tahun membutuhkan 800 miligram kalsium per hari. Memasuki remaja yang pada rentang usia 9-18 tahun kebutuhan kalsium menjadi 1300 miligram per hari.  Jumlah ini akan meningkat saat usia 19-50 tahun menjadi 1000 miligram per hari. Tiba uia 50 tahun ke atas konsumsi kalsium menjadi lebih besar, yaitu 1200 miligram per hari. Hal ini terkait dengan risiko osteoporosis di hari tua.

Sumber terbaik kalsium bisa diperoleh dari beberapa makanan. Yogurt seberat 226 gram mengandung kalsium sebanyak 415 miligram. Ikan salmon dan sardine seberat 85 gram masing-masing mengandung kalsium sebanyak 325 miligram dan 181 miligram. Susu dan jus jeruk sebanyak 235ml mengandung kalsium yang sama, yaitu 300 miligram. Sedangkan untuk 2 buah tahu dan seikat bayam masing-masing menyumbangkan kalsium sebanyak 250 miligram dan 145 miligram.

Masaklah beragam makanan ini menjadi sajian yang lezat dan sehat agar bisa mendukung kebutuhan kalsium harian si kecil dan keluarga.

Share artikel ini:

Artikel Terkait