Kenali Gejala Anemia, Yuk!

Anemia atau sering disebut dengan kekurangan darah adalah suatu kondisi di mana kadar hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah kurang dari normal. Akibatnya, tubuh menjadi lemah, mudah lelah, muka pucat dan daya tahan tubuh menurun. Menurut Dr. Handrawan Nadesul, berikut ini adalah hal yang perlu Anda perhatikan untuk mengenali gejala anemia. Simak baik-baik ya.

Kekurangan zat besi

Penyebab anemia yang sering dijumpai di Indonesia dikarenakan oleh kekurangan zat besi akibat rendahnya asupan zat besi dari menu harian. Tanpa zat besi yang cukup, sel darah tidak bisa melakukan tugasnya dengan sempurna.

Oleh karena itu, perbanyak asupan zat besi seperti daging merah, ayam, ikan, buah, sayur, sereal dan susu. Kemudian, menghindari makanan yang dapat menghambat penyerapan zat besi seperti the dan kopi. Mengonsumsi vitamin C sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan penyerapan zat besi dengan baik.

Cacingan penyebab anemia

Siapa sangka, ternyata penyakit cacingan juga dapat menjadi penyebab anemia. Cacing gelang, cacing cambuk dan kremi hanya mencuri jatah makanan dalam perut. Namun, berbeda dengan cacing tambang yang dapat menghisap darah dalam usus. Pengobatan anemia yang disebabkan oleh cacing haruslah mendahulukan pembasmian terhadap cacing. Sebab, jika hanya diberikan suplemen penambah darah tidak akan menyembuhkan anemia secara menyeluruh.

Pada penderita anemia yang berat, yaitu Hb di bawah 5 Gr%, dengan ukuran normal 14 Gr% dapat berdampak pada pembengkakkan jantung. Oleh karena itu, jangan menyepelekan rasa lemah, letih dan pucat pada wajah Anda.

Jaga tubuh selalu fit dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan gaya hidup bersih agar terhindar dari cacing penyebab anemia ya. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait