©shutterstock

Kenalkan Gangguan Kesehatan Mulut Pada Si Kecil Yuk Bu!

Menikmati bistik daging yang enak, es buah yang segar hingga kue brownis yang manis. Kenikmatan itu bisa dirasakan manakala mulut dalam keadaan sehat. Tak ada gangguan walau itu sebatas sariawan. Kesehatan mulut memang tampak dianggap sepele karena jarang ada yang sampai menyebabkan gangguan kronis. Namun, bukan artinya tidak peduli dan menjaga kesehatannya.

Nah, biar si kecil bisa mulai menjaga kesehatan mulutnya, yuk edukasi dia dengan beragam gangguan mulut terlebih dulu.

Bibir lepuh
Gangguan ini biasa terjadi akibat demam maupun flu yang melanda sebelumnya. Berbentuk seperti kulit yang melepuh dan berwarna kuning di sekitar bibir. Alfred Wyatt Jr, DMD dari Medicine Net, menjelaskan penyakit yang juga dikenal sebagai cold sores ini bisa pula disebabkan oleh virus akibat penggunaan peralatan makan yang kurang bersih maupun kontak langsung dengan penderita. Bibir lepuh dapat disembuhkan dengan krim maupun salep tertentu yang diresepkan dokter.

Sariawan
Tak jauh beda dengan bibir lepuh, hanya saja sariawan terjadi di bagian dalam bibir maupun dinding mulut bagian depan. Menurut Dr. Alfred selain karena kurangnya asupan vitamin C, sariawan bisa timbul karena infeksi pada gusi. Selain menimbulkan rasa sakit dan perih saat mengunyah makanan, sariawan dapat menyebabkan pendarahan di mulut.

Bau mulut
Sepele tapi jika tidak segera diatasi bisa membuat orang yang ada di sekitarnya terganggu. Bau mulut bisa terjadi karena kurang rajin membersihkan gigi maupun gangguan mulut lain seperti sariawan. Ajaklah si kecil untuk lebih rajin menggosok gigi, bila perlu menggunakan mouthwash juga. Di samping membuat mulut lebih segar juga bisa membunuh kuman yang biasa menguraikan sisa makanan di sela-sela gigi.

Sakit gigi
Sebagai komponen penyokong rongga mulut, kesehatan dan kekuatan gigi memang perlu dijaga. Tugasnya yang berat saat mengoyak dan mengunyah makanan membuat gigi perlu perawatan ekstra. Jika tidak, akan ada banyak kuman yang bersarang dan membuat si kecil menangis seharian akibat sakit gigi.

Setelah si kecil memahami beragam gangguan pada mulut, kini tinggal mengajaknya untuk merawat kesehatan mulut dan gigi setiap hari.

Share artikel ini:

Artikel Terkait