@shutterstock

Kenapa Si Kecil Susah Lepas Dari Mie Instan

Pagi makan mie, siang makan mie, malam masih makan mie lagi. Begitu resah saat mengetahui si Kecil begitu gemar makan mie instan. Masih mending mie instan-nya mau dicampur dengan sayuran tambahan dan juga daging. Kenyataannya, banyak anak-anak yang hanya gemar makan mie instan tanpa tambahan apapun.

Padahal Dr. Joseph Mercola, praktisi kesehatan sekaligus penulis kesehatan best seller dari The New York Times, mengatakan bahwa konsumsi mie instan berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan si Kecil. Mie instan juga banyak mengandung bumbu-bumbu buatan. Layaknya MSG pada umumnya, bumbu yang ada dalam mie instan mempunyai efek candu sehingga membuat penggemarnya menjadi tak pernah bosan untuk makan mie instan secara terus-menerus.

Bukan hanya itu, MSG secara umum memang dibuat sebagai penguat rasa masakan. Dr. Mercola melanjutkan yang menjadi permasalahannya sekarang, mie instan disajikan dengan air yang sedikit, sementara bumbu yang digunakan sangat kuat. Hal ini membuat asupan MSG-nya berlebihan dan membuat si Kecil semakin gemar menikmatinya.

Dari laporan yang ditulis dalam Journal of Nutrition, dijelaskan bahwa mie instan hanya sedikit kandungan gizinya. Sebaliknya, mie instan lebih banyak mengandung tepung (karbohidrat) dan sodium yang cukup banyak. Saat dicerna mie instan hanya menyumbang sebagian kecil energi dalam tubuh. Kandungan karbohidrat yang tinggi tanpa diimbangi dengan sumber nutrisi lain, alhasil membuat si kecil cepat merasa lapar walau sudah memakan mie instan yang banyak.

Itu dia alasan di balik kegemaran si kecil susah lepas makan mie instan. Mumpung belum terlambat, segera kurangi asupan mie instan untuk si Kecil ya Bu.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait