Kenapa Si Kecil Tiba-tiba Sulit Mendengar?

Si kecil sering menangis karena merasa pendengarannya berkurang? Hal ini sering menimpa anak-anak pada usia 0-5 tahun. Gangguan pendengaran ini ada yang permanen dan tidak permanen, bergantung pada gejala yang ditunjukkan. Berikut ini adalah penyebab gangguan mendengar pada si kecil. Simak baik-baik ya.

Otitis media

Otitis media adalah infeksi telinga bagian tengah yang sering terjadi pada anak karena Eustachian atau tabung penghubung telinga dan hidung tidak dapat sepenuhnya dikembangkan. Dalam kasus yang parah, ototis ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen.

Masalah saat lahir

Gangguan pendengaran pada anak juga bisa terjadi karena saat hamil, si Ibu menderita penyakit tertentu seperti diabetes atau toksemia. Selain itu, gangguan ini juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetika dari orang tua yang menurun pada anak.

Sakit atau cedera

Beberapa penyakit seperti flu, campak, cacar air, dan meningitis dapat mengganggu pendengaran si kecil, karena tingkat sakit yang cukup serius. Cedera benturan di kepala, suara yang sangat keras dan konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

Melihat penyebab gangguan pendengaran pada si kecil yang beragam, para orang tua diharapkan untuk lebih memperhatikan keluhan yang diderita si kecil. Walaupun hanya flu biasa, usahakan untuk langsung memberikan pertolongan lebih lanjut karena bisa mengganggu organ penting yang lain.

Share artikel ini:

Artikel Terkait