Yuk, Akrabkan Anak dengan Bumbu Lokal

Tak banyak anak-anak di kota besar seperti Jakarta yang akrab dengan jahe atau temulawak. Padahal, bumbu-bumbu lokal tersebut punya sederat khasiat bagus.

Salah satu bumbu lokal yang memiliki khasiat bagus adalah Jahe. Jahe dipercaya mampu menghangatkan tubuh. Untuk anak yang sedang pilek, air jahe yang ditambahkan madu atau gula putih bisa menjadi pereda. Atau jika perut tengah kembung, masuk angin, atau kolik, Bunda bisa menyembuhkannya dengan air jahe hangat.

Sayangnya, masih banyak orang tua yang juga tak paham dengan manfaat bumbu alami ini. Sehingga anak-anak pun lebih sering menyantap makanan berlemak atau gula tinggi. Tak mengherankan, angka kasus autisme dan sakit kanker kerap ditemukan pada zaman sekarang. Kedua kasus tadi memang dipicu asupan makanan yang tak sehat.

Baca Juga :Bumbu Dapur Sehat untuk Si Kecil



Lalu, apa yang bisa Ibu lakukan agar anak akrab dengan bumbu-bumbu alami ini? Salah satunya adalah dengan sering memasakkan menu lokal untuk sang buah hati.

Menu-menu lokal itu seperti sayur lodeh atau sayur asam. Kedua menu tadi memang sarat bumbu-bumbu alami. Jika anak-anak sering mengonsumsi makanan ini, alangkah lengkapnya tubuh mereka menerima makanan menyehatkan. Bandingkan dengan menu makanan barat yang utamnya hanya mengenal merica, tapi tidak mengenal rempah-rempah seperti biji pala, kayu manis, dan cengkih.

Selain mengakrabkan anak-anak dengan bumbu lokal lewat makanan tadi, Ibu dan Bapak juga bisa memperkenalkannya lewat minuman. Jeruk nipis, misalnya, bisa dicampur dengan madu dalam larutan air hangat. Penggunaan madu ini bakal menetralisir rasa asam pada jeruk nipis.

Baca Juga :Daun Pelezat Makanan

Minuman ini juga berkhasiat meredakan batuk berdahak pada anak. Namun sebagai saran, sebaiknya minuman ini diberikan setelah makan untuk mencegah iritasi.


Bumbu lain yang bisa dicoba adalah kencur. Caranya, campur parutan kencur yang sudah dilarutkan dengan dua sendok air hangat. Tambahkan madu agar larutan terasa manis. Serupa dengan jeruk, minuman ini pun berkhasiat meredakan batuk.

Banyak variasi dan kombinasi, kan, Bu? Jadi, selamat mencoba.

Share artikel ini:

Artikel Terkait