©shutterstock

Kiat Ampuh Atasi Cegukan si Kecil

Selain orang dewasa, si Kecil yang masih belia juga rentan mengalami cegukan. Penyebab utama cegukan biasanya karena si Kecil menelan makanan dengan terburu-buru. Atau bisa juga karena makanan yang masuk terlalu banyak sehingga kerongkongan harus bekerja keras memprosesnya. Meskipun bukan masalah yang serius, cegukan harus segera diobati agar si Kecil bisa menikmati santap siangnya dengan lancar. Berikut beberapa cara sederhana untuk mengusir cegukan. Simak yuk!

Minum air putih

Segelas air putih akan membantu meredakan cegukan yang dialami si Kecil. Hasil riset yang dilakukan Children’s Mercy Hospital di Kota Kansas, menjelaskan kalau si Kecil harus segera minum sesaat setelah cegukan dengan perlahan untuk menenangkan kerongkongan yang mengalami kejang.

Bernafas lewat mulut

Pertama-tama ajak si kecil untuk menutup hidungnya dengan satu tangan. Setelah itu, tarik nafas dalam-dalam lewat mulut dan tahan selama satu menit hingga cegukan hilang. Kalau sudah, hembuskan secara perlahan. Laporan penelitian tentang cegukan yang dilakukan Yale Medical Group Amerika, menjabarkan menahan napas akan meningkatkan karbon dioksida dan memutus siklus cegukan sehingga si Kecil bisa kembali menelan tanpa gangguan.

Satu sendok gula

Dr. Edgar Engleman, salah seorang penulis kesehatan di New England Journal of Medicine mengatakan, bahwa satu sendok gula pasir kering ampuh dalam menghentikan cegukan si Kecil. Kalau dia tidak mau makan gula,  Anda bisa menggantinya dengan sirup jagung yang sama-sama manis dan bermanfaat. Tapi jangan terlalu sering melakukan metode ini ya karena manisnya gula bisa berdampak buruk bagi gigi dan kesehatan.

Selain tiga cara tadi, ada juga cara-cara tidak umum, seperti mengejutkan si Kecil yang cegukan, minum air  lemon hangat,  mengangkat telinga dengan perlahan, hingga menekan dahi dengan jari. Memang belum ada penelitian yang menerangkan cara-cara ini, tapi percaya atau tidak, cegukan bisa hilang dalam waktu yang lumayan singkat lho.

Nah, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi kalau si kecil cegukan. Cukup praktekkan cara-cara di atas maka cegukan si kecil akan menghilang. Selamat mencoba ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait