@shutterstock

Kiat Jitu Eliminasi Kebiasaan Si Kecil Ngemil Gula Pasir

Si kecil dekat sekali dengan gula pasir. Bukan hanya gula yang  sering Anda gunakan saat membuat teh, tapi juga gula-gula lainnya yang terkandung di camilan si kecil. Mulai dari es krim, cake, muffin, permen, bahkan puding cokelat karamel yang sangat lezat.

Gula pasir punya dampak buruk untuk si kecil. Gigi si kecil bisa berlubang, jadi mudah gemuk, mudah lelah, dan sulit berkonsentrasi. Hmm.. sepertinya sudah saatnya Anda membatasi kebiasaan si kecil ngemil gula pasir. Cari tahu kiat jitunya, yuk.

Ganti Gula Pada Dessert
Saat makan malam, dessert yang disajikan banyak sekali mengandung gula pasir. Nah sekarang, hentikan kebiasaan Anda menambahkan gula pasir saat memasak dessert. Ganti gula pasir dalam resep Anda dengan madu atau sirup maple. Lebih sehat, dan rasanya jadi lebih khas.

Belanja Bareng Si Kecil
Saat belanja ke supermarket, si kecil  pasti minta banyak dibelikan camilan manis. Saat membelikan camilan, bacalah label nutrisinya dengan teliti. Ketika Anda menemukan banyak kandungan gula, tawarkan si kecil untuk membeli camilan lainnya. Atau Anda bisa mengajaknya ke bagian buah-buahan dan membelikan si kecil buah favoritnya.

Menu Sehat Untuk Si Kecil
Daripada khawatir si kecil makan camilan yang tidak sehat, Anda bisa membuatkan camilan sendiri di rumah. Kurangi penggunaan gula pasir agar camilan buatan Anda tetap aman untuk si kecil. Selain itu, karena Anda tidak bisa mengawasi makanan si kecil saat di sekolah, buatkan saja si kecil bekal makan siang dan snack sehat bebas gula, agar tidak ngemil sembarangan.

Memasak Bersama
Saat akhir pekan, luangkan waktu untuk membuat kue bersama si kecil. Saat membuat kue, Anda bisa mengajarkan si kecil tentang nutrisi-nutrisi makanan dan efeknya kalau di makan berlebihan. Beri tahu si kecil kalau terlalu banyak ngemil makanan dan minuman yang mengandung gula tidak baik untuk kesehatan.

Memulai kebiasaan kecil dengan teratur dan disiplin akan membuat si kecil berpikir lagi, dan mulai mengurangi ngemil gula.

Share artikel ini:

Artikel Terkait