Kiat Mengobati Amandel Pada Anak Secara Alami

Radang pada amandel adalah penyakit yang sering terjadi pada anak-anak. Amandel pada anak sebenarnya dapat diatasi secara alami. Ibu tidak perlu bingung, berikut beberapa tips simpel dan alami agar amandel pada anak dapat diatasi.

  1. Berkumur dengan air garam

Pengobatan alami ini sangat simpel untuk dilakukan di rumah.  Menurut University of Maryland Medical Center, berkumur dengan air garam dapat membantu mengurangi rasa sakit di tenggorokan yang ditimbulkan akibat radang amandel. Caranya, cukup berkumur dengan setengah sendok teh garam dapur ke air hangat. Cara ini dapat diulangi beberapa kali dalam sehari oleh si kecil ya, Bu.

  1. Perhatikan apa yang dimakan si kecil

Ibu, ketika amandel membengkak, si kecil akan merasakan kesulitan saat menelan. Dengan demikian, beberapa jenis makanan pun akan sulit dikonsumsi. Hindari untuk memberikan makanan yang sulit untuk ditelan seperti biskuit dan gorengan karena akan membuat tenggorokan semakin sakit ketika menelan. Hal itu dapat menyebabkannya menolak makan sehingga kekurangan asupan. Ibu dapat memberikan air hangat serta sop agar si kecil tidak dehidrasi dan tetap terpenuhi gizinya saat mengalami sakit tenggorokan.  

  1.  Ajari si kecil agar lebih higienis

Menggunakan alat makan dan minum bersama-sama merupakan hal yang wajar dilakukan dalam satu keluarga. Namun, ketika amandel pada anak terjadi, Ibu nampaknya harus mengubah kebiasaan ini. Agar radangnya tidak semakin parah, alat makan dan minum si kecil harus segera dipisahkan dari anggota keluarga lainnya ya, Bu. Ibu juga dapat mengganti sikat giginya agar bakteri yang terdapat pada sikat gigi tidak masuk kembali ke dalam mulut si kecil.

Share artikel ini:

Artikel Terkait