@shutterstock

Kiat Pintar Rangsang Nafsu Makan Anak

Melihat anak-anak yang tidak nafsu makan sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah. Namun, kebiasaan tidak baik ini harus segera diatasi lho. Hal ini disebabkan, konsumsi makanan yang cukup dan gizi seimbang sangat diperlukan dalam masa pertumbuhannya. Dr. Handrawan Nadesul menjelaskannya dengan kiat untuk merangsang nafsu makan si kecil berikut ini. Simak baik-baik ya.

Atur jadwal makan si kecil
Dengan mengatur jadwal makan si kecil secara teratur yakni tiga kali sehari, maka si kecil akan terbiasa makan pagi, siang dan malam secara rutin. Jika si kecil menolak, berikan makanan dengan porsi yang kecil namun sering agar si kecil tetap mendapatkan asupan nutrisi yang tepat.

Menu makanan yang bervariasi
Nafsu makan si kecil yang berkurang bisa juga dipengaruhi oleh menu makanan yang membosankan lho.  Oleh karena itu, perlu adanya variasi menu agar si kecil tidak bosan. Misalnya saja sumber karbohidrat mungkin bisa dibuat lebih bervariasi. Tidak hanya nasi terus tapi bisa diganti dengan kentang, roti, atau makaroni yang terpenting adalah energi anak terpenuhi dengan baik.

Jangan mudah memberikan makanan pada si kecil
Hal ini yang kurang disadari oleh para orang tua. Setiap anak menangis, orang tua sering memberinya susu, padahal bisa saja tangisannya bukan karena lapar. Selain itu, pemberian camilan yang berlebihan pada waktu yang kurang tepat juga dapat menyebabkan anak kekenyangan dan tidak nafsu makan pada jam makan.

Untuk menghindari hal ini sering terjadi, kontrol makan si kecil sebelum jam makan utamanya. Selain itu, berikan camilan yang ringan saja seperti sepotong puding atau sepotong buah agar anak tidak terlalu kenyang.

Kenali penyebab berkurangnya nafsu makan si kecil dengan baik ya. Kemudian, pastikan si kecil tidak pernah meninggalkan waktu tiga makanan utamanya. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait