Kriteria Camilan Sehat Buat Si Kecil

Dalam masa pertumbuhannya, si kecil membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang agar tumbuh dengan optimal. Selain makanan sehat, si kecil juga memerlukan camilan yang kaya akan nutrisi. Nah, bagaimana ya kriteria camilan yang sehat untuk si kecil? Yuk simak penjelasan dari Budi Utomo, S.Pd., tentang camilan sehat untuk si kecil berikut ini.

Waktu pemberian camilan

Makan camilan tidak bisa sembarangan lho, ada waktunya tersendiri. Yaitu, antara waktu sarapan dan makan siang (pukul 10.00) dan antara waktu makan siang dan makan malam (pukul 16.00). Memberikan camilan pada si kecil sebaiknya tidak berdekatan dengan waktu makan utama karena dapat membuat si kecil tidak selera makan karena masih kenyang.

Porsi camilan

Camilan sebaiknya disajikan dalam porsi kecil dan tidak mengenyangkan. Pemberian porsi yang besar membuat anak kenyang dan malas untuk memakan menu utamanya. Belum lagi camilan kebanyakan memiliki warna dan bentuk yang lebih disukai anak dibandingkan makanan utamanya. Jika hal ini terus terjadi dalam jangka lama bisa mengakibatkan anak kurang gizi.

Bahan baku camilan

Camilan sebaiknya terbuat dari bahan yang rendah gula, lemak, garam dan karbohidrat. Sajikan camilan sehat yang terbuat dari sayur, buah, biji-bijian atau kacang-kacangan. Misalnya, salad sayur, pie buah, puding, kroket isi keju dan pastel isi ayam. Camilan ini tidak terlalu mengenyangkan dan rendah gula. Jadi, sehat dan aman untuk dikonsumsi si kecil.

Camilan buatan sendiri

Camilan yang paling sehat dan aman adalah camilan buatan sendiri. Berbeda dengan camilan yang dibeli lebih rentan dengan penggunaan zat pewarna, zat pengawet dan penguat rasa yang berbahaya untuk kesehatan tubuh anak. Oleh karena itu, untuk para ibu sebaiknya membawakan si kecil bekal camilan sehat dari rumah. Selain sehat, dapat membantu si kecil lebih menghemat uang jajannya dan tidak terbiasa jajan sembarangan.

Camilan sangat penting peranannya karena berfungsi sebagai pelengkap menu utama. Sehingga, pemberian menu camilan tidak bisa sembarangan. Dengan mengetahui kriteria camilan sehat di atas bisa memberikan pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi Anda semua. Selalu sediakan camilan sehat bagi si kecil ya. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait