Kriteria Normal Gizi Si Kecil

Mayoritas orang tua mengidamkan buah hatinya bisa tumbuh dengan normal dan tak mengalami gangguan penyakit. Sementara itu, normal tidaknya seorang anak akan bergantung dengan kecukupan gizi dalam tubuhnya. Bila si kecil sering mengonsumsi asupan yang tepat dengan gizi yang seimbang, maka pertumbuhannya pun akan normal. Untuk mengetahui lebih jelas bagaimana kriteria gizi normal pada anak-anak, Dr. Handawan Nadesul akan membeberkannya sebagai berikut.

Menurut Dr. Handrawan, menentukan gizi si Kecil normal atau tidak biasanya dilakukan melalui proses pengukuran. Proses pengukuran ini akan dilakukan dengan cara mengecek tinggi badan dan berat badan anak. Tidak hanya itu, untuk mendapatkan penilaian yang tepat, beberapa metode pengukuran juga dilakukan dengan menambahkan ukuran lingkar kepala dan juga lingkar lengan. Dari situ, Anda akan menemukan seorang anak memiliki gizi yang normal atau tidak.

Untuk memenuhi kriteria gizi normal ini sendiri, anak juga perlu mengonsumsi sumber makanan yang cukup. Dalam artian, makanan yang dimakan oleh si kecil bisa benar-benar memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Meski demikian, makanan yang bergizi tidak hanya dilihat dari porsinya. Yang paling penting, setiap makanan tersebut bisa memberikan sumber karbohidrat, protein, lemak hingga vitamin dan mineral dalam tubuh.

Adapun takaran yang bisa diberikan, setiap satu porsi makanan harus mengandung tiga per lima karbohidrat, seperlima lemak dan sisanya adalah protein. Ini bisa diwujudkan dalam nasi dan ikan tuna. Biar lebih seimbang, tambahkan sayuran dan buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh si kecil. Gabungan antara semua sumber zat gizi tersebut dikatakan sebagai menu makan yang seimbang.

Dalam perhitungan yang lebih umum, normal tidaknya asupan gizi pada anak ditentukan lewat perhitungan Indeks Massa Tubuh. Kriteria tersebut ditentukan dengan cara membagi berat badan dalam kg dengan tinggi badan pangkat dua dalam meter. Hasil dari perhitungan tersebut akan menunjukkan anak normal atau tidak. Jika buah hati Anda belum memenuhi kriteria gizi normal, mulai perbaiki asupannya. Bila perlu konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran yang lebih baik.

Share artikel ini:

Artikel Terkait