@shutterstock

Langkah Mudah Buat Si Kecil Lahap Makan Saat Sakit

Saat sedang sakit, si kecil sering kehilangan nafsu makannya. Padahal, dalam kondisi sakit anak memerlukan banyak nutrisi untuk membantu proses penyembuhan. Contributor Nestle, Budi Sutomo, S.Pd., menjelaskan kebutuhan nutrisi anak yang sedang sakit haruslah lebih diperhatikan karena selain untuk mendukung proses pertumbuhan anak perlu nutrisi ekstra untuk pemulihan kesehatannya. Oleh karena itu, berikut ini adalah langkah mudah agar si kecil tetap lahap makan walaupun sedang sakit.

Berikan makanan bertekstur lunak
Anak yang sakit biasanya enggan makan dan mengunyah. Memberikan makanan dengan tekstur yang padat dapat membuat anak semakin kesulitan makan.  Maka dari itu, berikan makanan yang mudah dicerna seperti puding, cream soup, makaroni panggang atau bubur ayam. Makanan lunak mudah ditelan dan dicerna oleh anak dalam kondisi yang sakit.

Berikan porsi yang kecil
Anak yang sakit sering merasakan mulutnya kering dan lidahnya terasa pahit. Dengan memaksanya makan hanya membuatnya semakin enggan makan. Lebih baik, berikan makan dalam porsi kecil namun sering. Pastikan anak tidak terlalu kenyang agar tidak merasa mual.

Berikan makanan kesukaan
Anak-anak selalu menyukai makanan manis. Cobalah untuk memberikan makanan manis kesukaannya untuk memancing selera makannya. Selain itu, makanan manis dapat menghilangkan rasa pahit di mulut lho. Jika anak terlihat senang, coba berikan makanan yang lebih berat dan bergizi seperti nasi tim atau bubur. Usahakan berikan makanan kesukaan anak agar selera makannya semakin meningkat.

Berikan susu atau jus
Ketika makanan sudah tidak mempan, Anda bisa mencoba memberikan minuman seperti susu atau jus buah. Kandungan gizi pada susu dan jus buah yang lengkap serta mudah dicerna dapat menutupi kekurangan zat gizi akibat selera makan yang menurun. Selain itu, dengan konsumsi minuman yang cukup anak akan terhindar dari dehidrasi.

Anak-anak yang kehilangan selera makannya ketika sakit memang sangat mengkhawatirkan. Namun, Ibu juga harus ekstra sabar untuk mengembalikan selera makan si kecil ya. Semoga si kecil lekas sembuh.

Share artikel ini:

Artikel Terkait