@shutterstock

Langkah Pintar Mengukur Tinggi Badan Si Kecil

Pertumbuhan dan perkembangan anak akan terus berjalan seiring dengan pertambahan usianya. Proses ini akan menjadi lebih maksimal ketika si kecil mendapatkan asupan yang cukup gizi setiap harinya. Untuk melihat kemajuan dari proses pertumbuhan anak ini, Anda perlu mengukurnya. Ada anak yang langsung mau dan menurut untuk diukur tinggi badannya, tapi tak sedikit juga yang menolak.

Jika Anda kesulitan mengukur tinggi badan si kecil karena dia terlalu asyik bermain, tips berikut ini dapat Anda coba.

Jelaskan maksud pengukuran tinggi badan
Anak-anak memiliki kebiasaan berprasangka negatif terhadap kegiatan yang kurang familiar buat dirinya. Saat Anda meminta si kecil untuk berdiri di depan papan ukur tinggi badan, bisa saja dia mengira Anda ingin melakukan sesuatu kepadanya. Beritahukan kepadanya jika mengukur tinggi badan tak akan menyakitinya. Justru dengan mengukur ini si kecil bisa tahu bila tubuhnya bertambah tinggi.

Gunakan metode yang tepat
Metode pengukuran yang tepat untuk mengukur tinggi badan anak, yaitu dengan menyuruhnya untuk berdiri di depan papan ukur yang sudah ditempelkan  pada dinding. Jika tidak memiliki papan ukur, Anda bisa menggunakan meteran yang sudah Anda panjangkan sebelumnya. Ambil garis lurus dengan menggunakan penggaris untuk memastikan ukuran tinggi badan si kecil yang sebenarnya.

Pilihlah papan ukur yang menarik
Kini papan ukur tak hanya berbentuk meteran dengan background kuning dan nomor skala berwarna hitam. Sudah banyak aneka papan ukur tinggi badan dengan bentuk dan model yang menarik. Anda dapat memilihkan papan ukur tinggi badan yang berbentuk hewan seperti jerapah. Hewan berleher panjang ini seringkali dijadikan rayuan untuk si kecil agar dia mau diukur tinggi badannya. Beritahu si kecil jika ingin memiliki tubuh setinggi jerapah harus rajin makan dan mau untuk diukur tinggi badannya.

Berikan hadiah
Jika si kecil masih belum mau untuk diukur tinggi badannya, cobalah untuk memberikan kejutan. Sepotong kue buah dapat Anda sajikan kepada si kecil jika dirinya mau untuk diukur tinggi badannya. Jangan bosan-bosan untuk mengedukasi si kecil tentang fungsi dari alat pengukur tinggi badan itu sendiri. Mengukur dan mencatat tinggi badan secara berkala dapat memberitahu si kecil akan pertambahan tinggi badannya yang terjadi setiap bulan.

Sudah tak sabar mengetahui pertambahan tinggi badan anak? Yuk langsung panggil si kecil dan ukur tinggi badannya!

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait