©shutterstock

Lebih Kenal dengan Zucchini

Sayuran yang satu ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan mentimun. Panjang, hijau renyah, dan punya banyak kandungan air. Biasanya banyak digunakan dalam masakan Eropa seperti ratatouile dari Perancis, ataupun salad sayuran khas Inggris. Di Indonesia sendiri, zucchini baru dikenal di awal abad 20. Orang-orang Indonesia suka sekali menyantap zucchini dengan cara digoreng, dipanggang atau bahkan dimakan langsung selagi masih segar.

Selain rasanya yang lezat dan cara pengolahannya yang beragam, zucchini juga punya banyak kandungan nutrisi sehat yang bagus untuk tubuh Anda dan si kecil. Kira-kira apa saja ya itu? Yuk cari tahu!

Kalori, lemak, dan kolesterol

Sama seperti mentimun, zucchini punya banyak kandungan air di dalamnya. Hal ini membuat kalori yang dimiliki sayuran ini cukup rendah sehingga pas sekali untuk dikonsumsi saat diet. Seperti yang diungkapkan oleh Elisabeth Dahl, RD, ahli gizi yang juga seorang kontributor nutrisi dari situ kesehatan asal Amerika, Livestrong Foundation. Selain kalorinya yang rendah, zucchini juga sama sekali tidak mengandung lemak ataupun kolesterol jahat atau yang kurang berguna. Itu sebabnya sayuran yang satu ini sangat menyehatkan.

Karbohidrat, Serat, dan Vitamin

Zucchini berukuran sedang mengandung sekitar 7 gram karbohidrat. Dua gram di antaranya berasal dari serat dan 3 gram lainnya berupa gula. Sayuran ini juga mengandung protein sebanyak 2 gram. Oleh karena itu, Anda bisa merasakan manfaat dari beragam nutrisi tadi hanya dalam satu  jenis sayuran.

Vitamin dan Mineral

Di balik kulitnya yang berwana hijau tua tersimpan banyak kandungan vitamin C. Ada juga vitamin K, vitamin B6, folat, riboflavin, kalium, mangan, magnesium, dan sejumlah kecil kalsium.  Benar-benar sayuran yang sangat kaya nutrisi.

Selain nutrisinya yang melimpah, zucchini tergolong sayuran yang unik lho. Biasanya, tanaman yang memiliki bentuk panjang tumbuh dengan cara menggantung di dahan pohon. Sayangnya hal tidak berlaku untuk sayuran yang satu ini. Zucchini tumbuh dari bawah, seperti membentuk tunas dan kalau sudah besar akan tumbuh bunga berwarna kuning cerah di bagian atasnya. Menarik sekali bukan? Yuk segera masukkan zucchini dalam menu harian Anda!

Share artikel ini:

Artikel Terkait