©shutterstock

Main di Luar Yuk Biar Tubuh Lebih Kuat

Di era teknologi sekarang ini, rasanya anak-anak lebih suka main dengan gadget daripada beraktivitas di luar. Meskipun hal itu baik, namun jika si kecil hanya berdiam diri di rumah saja, maka tenaganya juga akan berkurang. Lagipula , main di luar itu jauh lebih asyik lho, manfaatnya juga banyak, seperti berikut ini.

Latihan fisik

The Centers for Disease Control and Prevention mengatakan salah satu cara terbaik untuk memerangi obesitas pada si kecil adalah dengan mengajaknya bermain di luar ruangan sebanyak mungkin. Aktivitas ini akan memberikan si kecil kesempatan untuk melompat, berlari, memanjat, berenang, dan masih banyak lagi. Selain itu, main di luar juga memperkuat sistem kekebalan tubuh si kecil dan meningkatkan asupan vitamin D.

Kesehatan mental

Stress tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi si kecil yang masih lugu juga bisa lho mengalaminya. Jadwal sekolah yang padat dan kegiatan ekskul yang tidak mengenal waktu bisa membuatnya kelelahan dan mengalami stress. Untuk mengatasinya, ajak si kecil main di luar yuk! Jangan memaksanya terus-terusan belajar karena dia juga butuh refreshing untuk kesehatannya.  Livestrong mengatakan  bahwa dengan main di luar minimal satu jam setiap hari, risiko si kecil mengalami stress akan berkurang dan kecemasan yang dia rasakan akan hilang.

Membuat si kecil semakin pintar

The AAP mengatakan, bermain di luar akan membantu anak tetep fokus di ruang kelas  dan meningkatkan kesiapan mereka untuk belajar. Selain itu, main di luar juga mendorong belajar dan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah. Kreativitasnya juga meningkat dan perlahan hasil akademiknya juga semakin membaik.

Kemampuan sosial

Ketika si kecil bermain dengan teman-temannya di luar, maka kemampuan sosialnya juga terasah. Tidak hanya itu, si kecil juga bisa mendapatkan banyak teman baru lewat permainan yang dilakukannya bersama teman-teman.

Mulai sekarang, ajak si kecil main keluar yuk! Tinggalkan gadget untuk sementara dan biarkan si kecil menikmati kebebasannya. Selamat bermain!

Share artikel ini:

Artikel Terkait