Makanan Baik yang Diperlukan Agar Otak Si Kecil Berkembang Optimal

Itulah mengapa makanan yang anak-anak konsumsi menjadi penting. “Tahun-tahun pertama adalah masa yang teramat penting pagi perkembangan otak, dan makanan yang dikonsumsi berdampak pada kemampuan kognitif serta konsentrasi anak-anak,” kata psikiater Drew Ramsey.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat membantu menjaga kecerdasan anak-anak:

Telur
Protein dan gizi yang terkandung dalam telur membantu anak-anak berkonsentrasi, kata koki Beth Saltz dari Los Angeles.

Yogurt
Lemak itu penting bagi kesehatan otak. Yogurt mengandung lemak dan protein yang dibutuhkan agar sel-sel otak anak tetap dalam kondisi bagus, agar dapat menerima dan mengirim informasi. Kandungan kalsium juga bagus bagi pembentukan tulang dan gizi anak-anak.

Baca Juga : Zat Besi Optimalkan Perkembangan Otak Anak

Sayuran
Sayuran seperti bayam mengandung banyak vitamin dan asam folat, yang dapat menurunkan risiko terkena demensia (pikun) di kemudian hari. Sayuran juga mengandung antioksidan dan unsur lain yang membantu pertumbuhan sel-sel baru di otak.

Ikan
Ikan adalah sumber vitamin D dan dan Omega 3 yang amat bagus. Kedua unsur ini melindungi otak dari kehilangan ingatan dan penurunan kemampuan mental. Ikan yang kaya akan Omega 3 antara lain salmon, tuna, dan sarden. “Makin banyak anak mengonsumsi Omega 3, makin bagus fungsi otak mereka dan makin mudah mereka berkonsentrasi,” kata penulis buku gizi Bonnie Taub-Dix.

Kacang dan biji-bijian
Jenis makanan ini mengandung banyak protein, asam lemak esensial, vitamin, dan mineral. Kacang dan biji-bijian dapat meningkatkan mood dan menjaga sistem saraf anak-anak.

Baca Juga : Protein Ikan untuk Otak Anak

Oatmeal
Kandungan protein dan serat yang ada di oatmeal dapat membantu menjaga agar saluran arteri di otak dan jantung tidak tersumbat. Oatmeal adalah pilihan yang lebih sehat ketimbang sereal.

Apel dan plum
Anak-anak suka makanan manis, terutama ketika mereka merasa lesu atau malas. Buah apel dan plum mengandung zat quercetin, antioksidan yang dapat melawan kemunduran kemampuan mental.

Share artikel ini:

Artikel Terkait