©shutterstock

Manfaat Apel Untuk Kesehatan Keluarga

Jika ditanya buah yang paling banyak ditemukan di meja makan atau kulkas, mungkin apel adalah salah satunya. Selain mudah didapatkan, buah apel tergolong buah yang cukup banyak penggemarnya. Mulai anak-anak sampai orang dewasa begitu menikmati setiap potongan buah yang banyak kandungan nutrisinya ini. Lantas, apa saja manfaat kesehatan yang bisa diperoleh setelah memakan buah apel ini?

Menambah asupan nutrisi

Beruntunglah bagi Anda dan sekeluarga yang begitu gemar memakan apel. Pasalnya buah ini mengandung serat yang cukup melimpah. Manfaatnya bisa membantu melancarkan proses pencernaan. Bukan hanya itu, apel merupakan salah satu buah sumber vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hebatnya lagi, Kemi-Ann Jennings, MS, RD, ahli gizi dari Amerika menyebutkan bila kalori apel hanya 95 kalori saja, sehingga aman untuk dijadikan pilihan camilan sehat.

Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program pola makan sehat, konsumsi apel secara rutin bisa membantu mengurangi berat badan. Penelitian yang dilakukan di Florida State University, membuktikan bila antikosidan dan serat yang ada dalam apel membantu menguraikan timbunan lemak yang ada dalam tubuh. Serat pada apel juga membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Hasilnya, Anda tak mudah merasa lapar saat sedang diet.

Menjaga kesehatan jantung

Ternyata apel juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Orang yang rutin mengonsumsi buah apel akan memiliki kesehatan jantung yang lebih baik. Hal ini didukung hasil penelitian dari Women’s Health Study yang menjelaskan jika antioksidan dalam bua apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Jumlah kolesterol berlebihan dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

Mendukung kesehatan pencernaan

Manfaat lainnya dari buah apel adalah mendukung proses pencernaan menjadi lebih lancar. Serat yang ada dalam apel dapat menguraikan lemak dan memaksimalkan penyerapan nutrisi. Hal ini akan meringankan kinerja lambung dan usus, hingga akhirnya dapat membuat organ pencernaan menjadi lebih sehat.

Begitu banyaknya manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dengan memakan buah apel. Jadi, jangan sampai lupa menikmatinya bersama si kecil dan keluarga ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait