©shutterstock

Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Sayuran hijau ini sudah tidak asing di telinga banyak orang. Bisa dibilang, bayam merupakan sayuran yang paling enak sejagad. Apalagi jika dimasak dengan kuah bening, wah.. segar sekali bukan? Well, di balik rasanya yang lezat ternyata bayam menyimpan banyak manfaat sehat di dalamnya. Penasaran? Cari tahu yuk!

Melawan kanker

Di kutip dari situs livestrong , bayam mengandung lebih dari satu lusin senyawa flavonoid individu yang bekerja sama sebagai antioksidan untuk melawan kanker. Kandungan ini akan membantu menetralisir dampak radikal bebas dalam tubuh sekaligus membantu mencegah kanker. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan New England menunjukkan bahwa makan bayam secara teratur dapat mengurangi risiko Anda terkena kanker payudara dan kenker perut. Hebat ya?

Meningkatkan kesehatan jantung

Menurut penelitian yang disusun oleh Whole Foods, bayam adalah makanan yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Sifat antioksidannya akan membantu mencegah kolesterol naik dan menurunkan tingkat tekanan darah. Wah.. segera tingkatkan konsumsi bayam Anda yuk!

Meningkatkan fungsi otak

Seiring bertambahnya usia, otak juga akan mengalami penuaan. Namun hal ini bisa dihindari jika Anda rajin mengonsumsi bayam. Sayuran berdaun hijau ini ampuh melindungi fungsi otak dari penuaan dini dan efek negatif lainnya. Selain bayam, Anda juga mendapatkan manfaat yang sama dara sayuran berdaun hijau tua lainnya seperti kangkung dan sawi.

Bagus untuk tulang

Tahu tidak, kenapa Poppeye suka sekali makan bayam? Sayuran hijau ini punya banyak vitamin K yang akan membantu menjaga kesehatan tulang. Bayam juga kaya kalsium dan magnesium yang berperan penting dalam meningkatkan kekuatan tulang. Maka dari itu, setelah Poppeye makan bayam, pasti kekuatannya akan meningkat dan dia jadi memiliki energi yang lebih besar dari sebelumnya.

Selain manfaat tadi, masih ada lho rahasia yang dimiliki oleh bayam. Contohnya khasiat untuk kulit Anda. Vitamin A dalam bayam akan menjaga kelembapan kulit, melawan jerawat, serta mencegah keriput. Namun begitu, kalori bayam cukup rendah hanya sekitar 21 kalori per 100 gramnya. Sajikan dengan lauk-pauk sebanyak 50 gram seperti ikan bandeng utuh ukuran sedang, satu sendok makan nasi dan satu buah apel, pir atau jeruk agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait