Melihat Berat Badan Ideal Anak Sesuai Usia

Melihat Berat Badan Ideal Anak Sesuai Usia

Sesekali mungkin pernah terlintas dalam benak Anda, apakah berat badan ideal sudah dapat diketahui saat masih usia anak-anak? Jawabannya tentu saja bisa. Idealnya berat badan ideal anak akan bertambah seiring dengan penambahan tinggi badan. Di samping itu, bentuk tubuh yang proporsional akan tumbuh dan berkembang sejalan dengan penambahan usia juga. Maka dari itu, penambahan berat badan ideal anak dapat berubah-ubah setiap waktunya.

Di samping itu, bentuk tubuh yang proporsional akan tumbuh dan berkembang sejalan dengan penambahan usia. Maka dari itu, penambahan berat badan ini akan berubah-ubah setiap waktunya. Begitu pula patokan berat badan ideal wanita sesuai usia mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Memperhatikan Berat Badan Anak Itu Penting

Supaya Ibu dapat lebih paham tentang kriteria badan sehat pada si kecil sesuai usia, simak baik-baik ulasan berikut ya.

Berat Badan Anak usia 2-8 tahun

Badan anak perempuan usia 2 tahun akan memiliki rata-rata tinggi 86 sentimeter dan berat 12 kilogram. Pada usia 4 tahun, tinggi badan rata-rata akan menjadi 102 cm dan berat badan anak menjadi 15 kg. Memasuki usia 6 tahun, si kecil akan memiliki tinggi badan 114 cm. Sedangkan berat badannya menjadi 21 kg. Tiba di usia 8 tahun, tinggi badannya akan berubah menjadi 127 cm dan berat badan bertambah menjadi 26 kg. Pada rentang usia ini rata-rata tinggi badan dan berat badan anak laki-laki relatif sama.

Baca juga: Memprediksi Tinggi Badan Anak

Berat Badan Anak usia 10-14 tahun

Memasuki usia sekolah, anak perempuan dengan usia 10 tahun akan memiliki berat badan ideal rata-rata 33 kg dengan tinggi badannya sebesar 137 cm. Pada usia 12 tahun, tinggi badan akan naik signifikan menjadi 150 cm dan berat badan akan bertambah menjadi 42 kg. Saat usia remaja tiba, yaitu 14 tahun, tinggi badan rata-rata anak perempuan sebesar 160 cm dan berat badannya berubah menjadi 49 kg.

Berbeda dengan anak perempuan, anak laki-laki memiliki penambahan tinggi badan yang relatif lebih tinggi. Sementara untuk berat badan, penambahannya relatif lebih rendah dari anak perempuan. Usia 10 tahun anak laki-laki akan memiliki tinggi badan sebanyak 140 cm. Sedangkan berat badannya akan mengimbangi menjadi 32 kg. Memasuki usia 12 tahun, tinggi badan menjadi 147 cm dan berat badan akan berubah menjadi 41 kg. Pada usia 14 tahun tinggi badan anak laki-laki akan menjadi 163 cm dan berat badan anak dapat bertambah menjadi 51kg.

Itulah ukuran tubuh proporsional anak-anak berdasarkan usianya. Ibu dapat menggunakan acuan ini untuk mengetahui berat badan anak agar mencapai berat badan ideal wanita saat dia dewasa. Jika angkanya berbeda jauh dengan patokan tersebut, Ibu bisa konsultasikan dengan dokter anak dan ahli gizi agar diberikan tindakan yang sesuai. Dengan begitu, si kecil dapat tumbuh secara normal dan sehat sampai dewasa. Dan mencapai berat badan ideal wanita.

Share artikel ini:

Artikel Terkait