©shutterstock

Memahami Penyebab Terjadinya Muntaber

Muntaber atau yang dikenal juga dengan gastroenteritis merupakan infeksi usus yang ditandai dengan diare, kram perut, mual atau muntah, dan terkadang disertai dengan demam. Cara penularannya yang melalui kontak dengan orang yang terinfeksi atau menelan makanan dan air minuman yang terkontaminasi, membuat penyakit ini sangat ditakuti.

Muntaber dapat menyebabkan kematian pada bayi, orang lanjut usia, dan yang mempunyai kekebalan tubuh rendah, sehingga perlu dilakukan pencegahan yang efektif. Simak cara memproteksi diri dari penyakit menjijikkan yang satu ini ya.

Vaksinasi

Menurut situs WebMD, muntaber disebabkan oleh rotavirus dan norovirus. Rotavirus sering menyerang bayi dan anak-anak hingga mengakibatkan diare, sedangkan norovirus mewabah di AS dan menjadi penyebab muntaber serius. Berikan vaksin rotavirus kepada anak-anak pada tahun pertama kehidupan, di mana muntaber masih bisa menyerang tapi gejalanya tidak terlalu parah.

Cuci Tangan

Salah satu cara penularan muntaber adalah lewat menelan makanan dan air minum yang telah terkontaminasi, seperti yang dilansir situs Mayo Clinic. Kebiasaan menyentuh makanan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu dituding menjadi penyebab utama mewabahnya muntaber. Ingatkan seluruh anggota keluarga untuk mencuci tangan, terutama setelah menggunakan toilet. Cuci tangan yang efektif dilakukan menggunakan air hangat, sabun, dan dilakukan setidaknya selama 20 detik. Bersihkan hingga di sekitar kutikula dan bawah kuku, serta pergelangan tangan lalu bilas hingga bersih. Jika kesulitan menemukan air dan sabun, bawalah selalu hand sanitizer kemanapun pergi.

Jaga Jarak dengan Penderita

Muntaber juga dapat menular melalui kontak langsung dengan orang yang sudah terinfeksi. Apabila memungkinkan, hindari berdekatan dengan penderita dan gunakan barang-barang pribadi yang terpisah di rumah. Jangan berbagi peralatan makan seperti gelas dan piring, serta pakai handuk terpisah di kamar mandi, demikian saran yang diberikan situs Mayo Clinic.

Jaga Kebersihan Rumah

Situs Mayo Clinic menyarankan jika seseorang di rumah terinfeksi muntaber, cegah penularannya ke anggota keluarga lain dengan membersihkan permukaan barang-barang yang sering disentuh penderita sepert perabotan, kran, dan gagang pintu, dengan menggunakan larutan disinfektan. Buat sendiri dengan mencampurkan 2 cangkir pemutih untuk satu galon air.

Awasi Asupan Makanan

Menurut situs Mayo Clinic, muntaber dapat menular lewat makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi. Kurangi risiko terkena penyakit ini dengan meminum air yang sudah dimasak, hindari makanan mentah termasuk buah kupas dan sayuran segar yang telah tersentuh tangan manusia, serta masak daging atau ikan hingga matang untuk meminimalkan kontaminasi.

Lakukan cara-cara pencegahan di atas untuk menjaga diri dan keluarga dari ancaman penyakit muntaber.

Share artikel ini:

Artikel Terkait