©shutterstock

Memahami Periode Si Kecil Susah Makan

Kebanyakan orangtua tahu bagaimana frustasinya saat si kecil menolak mencoba makanan baru atau tidak mau melahap makanannya. Jangan stres dulu Bu. Anak-anak cenderung melakukan hal ini sesekali waktu. Selama si kecil mempunyai energi untuk menjalankan aktivitasnya dan mempunyai tingkat tumbuh kembang yang baik, Anda tidak perlu terlalu risau.

Ada beberapa alasan anak menolak untuk makan. Simak penjelasan dan solusinya berikut ini ya.

 

Kesehatan terganggu

Dilansir oleh situs Yourkidstable, rasa tidak nyaman pada perut, konstipasi, tumbuh gigi, atau kecapekan menjadi penyebab utama si kecil susah makan. Keterbatasan bahasa yang dimiliki, membuat anak sulit mengutarakan apa yang sedang dirasakan. Cermati tanda-tanda yang ditunjukkan oleh si kecil, misalnya perut kembung, sering buang air besar, atau terus menerus memegang bagian gusi yang ngilu karena gigi yang tumbuh.

 

Picky Eater

Picky eater adalah masalah yang umum terjadi pada anak. Selain dilanda bosan dengan menu yang itu-itu aja, kondisi sensoris juga memegang peranan penting.  Menurut situs Yourkidstable, anak akan menolak makanan tertentu jika tidak menyukai rasa dan tekstur makanan saat dipegang atau dikunyah. Tawarkan variasi makanan yang bergizi untuk si kecil, tapi jangan memaksa si kecil untuk mencobanya, agar tidak menimbulkan ketakutan yang malah bikin anak menolak untuk makan. Makanlah bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya, biasanya si kecil akan meniru tindakan Anda dan mau mencoba makanan baru.

 

Kesiapan makan si kecil

Perhatikan tanda-tanda apakah si kecil sudah bisa mengunyah dan menelan makanan dengan baik. Jika mengalami tersedak, melepeh atau memuntahkan makanan, maka ada kemungkinan anak belum siap untuk memakan makanan tertentu. Akibatnya, si kecil mulai menolak untuk makan karena tidak tahu bagaimana cara mengunyahnya dan takut  tersedak lagi, seperti yang dilansir situs Yourkidstable. Perhatikan jenis makanan apa saja yang ditolak si kecil lalu olah kembali agar lebih mudah dicerna olehnya.

 

Jadwal makan dan snack

Biasanya sebelum jam makan, anak sudah kenyang karena memakan kudapan, sehingga menolak untuk makan makanan yang disediakan. Situs Familydoctor menyarankan untuk mengatur jadwal pemberian camilan agar tidak mengganggu jam makan. Selain itu, Anda juga bisa membuat suasana makan jadi lebih menyenangkan dengan mengajak keluarga untuk makan bersama di meja makan. Matikan dulu TV dan smartphone Anda dan luangkan waktu berkualitas bersama keluarga.

Semoga dengan tips-tips di atas, Anda tidak bingung menghadapi si kecil yang sedang memasuki periode susah makan ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait