©shutterstock

Memanfaatkan Momen Makan Malam Bersama Untuk Kesehatan Keluarga

Jadwal sehari-hari yang padat ditambah kedua orang tua bekerja dan anak yang disibukkan oleh kegiatan sekolah, kursus, serta mengerjakan tugas, membuat keluarga jarang punya waktu untuk makan malam bersama. Penelitian dari Rutgers mengindikasikan, 40% dana keluarga per bulan dihabiskan untuk makan di luar rumah dan jarang melakukan makan malam bersama. Padahal makan di restoran, apalagi fast food, sering dihubungkan dengan makanan yang tinggi lemak, garam, dan kalori yang buruk bagi kesehatan Anda.

Walau terkesan sepele, makan malam bersama keluarga punya banyak keuntungan lho Bu., Tterutama untuk kesehatan keluarga.

Konsumsi sayur dan buah meningkat

Dilansir oleh situs Webmd, keluarga yang rutin melakukan makan malam bersama, konsumsi sayur dan buah-buahan mereka meningkat, serta hal itu juga mengurangi makanan digoreng dan minuman bersoda. Makanan rumahan yang sudah Ibu persiapkan tentunya lebih sehat dan lebih banyak mengandung kalsium, protein, dan vitamin dibandingkan dengan makanan fast food.

Memerangi obesitas

Menurut penelitian yang dilakukan National Center on Addiction and Substance Abuse at Columbia University, makan malam bersama keluarga mendorong anak-anak untuk mempunyai kebiasaan makanan yang baik, yang nantinya akan dibawa hingga dewasa. Si kecil yang dibiasakan berkumpul di meja makan cenderung mempunyai BMI (Body Mass index) yang lebih rendah dibandingkan dengan yang makan di depan TV. Siapkan menu makanan yang bervariasi, sehat dan low calori ya, Bu, agar resiko obesitas tidak mengancam kesehatan keluarga Anda.

Menjauhkan kebiasaan buruk

Si kecil yang terbiasa makan bersama keluarga beresiko rendah mengalami pola makan yang buruk, serta terhindar dari kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol. Nilai akademis sekolah pun juga lebih bagus, jika dibandingkan dengan anak yang makan sendiri-sendiri. Hal ini disebabkan, anak-anak merasa mendapatkan perhatian dan waktu penuh dari orang tuanya, sehingga mempunyai kepercayaan diri dan mampu mengekspresikan perasaannya. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan The National Center on Addiction and Substance Abuse at Columbia University. Ibu juga bisa mematikan TV dan smartphone, untuk mendapatkan quality time dengan keluarga saat makan malam.

Wah, ternyata momen makan malam bersama keluarga membawa dampak kesehatan yang besar lho Bu. Untuk lebih mengakrabkan anggota keluarga, Ibu juga bisa mengajak keluarga untuk merencanakan menu seminggu, berbelanja kebutuhan dapur, atau melibatkan si kecil untuk mencoba resep masakan baru.

Share artikel ini:

Artikel Terkait