Mencegah Si Kecil Mudah Terjangkit Penyakit

Setahun terakhir ini kedua balita saya jadi mudah sekali jatuh sakit. Paling sering flu, batuk, dan diare. Kejadian sakit mereka biasanya saat pergantian musim. Bagaimana cara menghindari mereka dari serangan yang sama, apalagi makin banyak saja penyakit yang menyeramkan? (Ny. Netty – Riau)

Pergantian Musim = Sakit?
Ibu Netty yang terhormat, saat musim berubah umumnya terjadi perubahan temperatur. Perubahan udara dari sejuk-lembab ke panas-berdebu atau sebaliknya membuat tubuh harus cepat-cepat beradaptasi dengan temperatur sekitar. Perubahan ini pada individu tertentu dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak nyaman, daya tahan tubuh menurun, hingga akhirnya mudah terserang penyakit. Terlebih bagi balita yang tubuhnya belum memiliki daya tahan tubuh sempurna.

Perisai Pelindung Si Kecil
Selain influenza dan diare, penyakit yang bisa muncul di pergantian musim atau karena adanya invasi kuman berlebihan, antara lain demam, gangguan saluran napas, penyakit kulit, mata merah, dan gangguan saluran cerna seperti mual dan muntah.

Sebenarnya beragam penyakit ini dapat dihindari, atau paling tidak jika sakit cepat sembuhnya, bila daya tahan tubuh si Kecil kuat. Oleh karena itu, cara bijak yang perlu dilakukan untuk mencegah si Kecil dari penyakit yang timbul adalah dengan meningkatkan pola hidup sehat guna meningkatkan sistem imun untuk daya tahan tubuhnya.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Beberapa tips meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil, di antaranya:

  • Asupan beragam makanan bergizi seimbang senantiasa tercukupi. Agar keberadaan nutrisi pelindung antara lain protein, vitamin selalu cukup dalam tubuhnya.
  • Jaga kesehatan saluran cerna karena produksi imunitas terbesar berasal dari saluran cerna. Caranya adalah dengan minum susu yang mengandung probiotik dan prebiotik.
  • Hindari jajan sembarangan.
  • Istirahat cukup.
  • Menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh si Kecil
  • Biasakan si Kecil beraktivitas fisik yang cukup atau aktivitas outdoor (berlari,
  • lompat, dan main diluar rumah).
  • Suplemen multivitamin bila perlu saja dan atas anjuran dokter.

(PT Nestlé Indonesia bekerja sama dengan GRAMS 2007)

Share artikel ini:

Artikel Terkait