@shutterstock

Mengapa Kulit Anakku Ruam?

Di usianya yang belum matang, si kecil memiliki kulit yang lebih sensitif daripada orang dewasa. Tak heran kalau dia gampang mengalami ruam atau bercak merah. Tapi kalau hal tersebut terlalu sering terjadi, apa yang harus dilakukan? Jangan panik, segera hubungi dokter spesialis kulit dan cari tahu jenis penyakitnya.

Alergi
Alergi adalah masalah kulit yang paling sering dialami oleh si kecil. Namun jangan anggap sepele masalah satu ini. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab alergi seperti  seafood, serbuk bunga, obat-obatan, dan lain sebagainya. Biasanya alergi ditandai dengan bersin-bersin dan kulit yang memerah. Setelah itu mulai terasa gatal dan bercaknya menyebar ke seluruh tubuh. Untuk mengatasinya, segera konsultasikan masalah ini dengan dokter spesialis kulit agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Gigitan serangga
Gigitan serangga juga bisa menyebabkan kulit ruam. Si kecil yang memiliki segudang aktivitas biasanya tidak sadar hal ini. Tahu-tahu kulitnya gatal sekali. Beberapa jenis serangga seperti lebah, malah bisa mengakibatkan beri-beri jika si kecil sampai tergigit. Untuk itu, lindungi si kecil dengan menerapkan lotion anti serangga di badannya agar terhindar dari penyakit kulit berbahaya.

Eczema
Gangguan kulit yang satu ini termasuk dalam penyakit kronis. Eczema akan membuat kulit kering, gatal, dan ruam. Kalau sudah parah, eczema bisa menyebabkan infeksi dan alergi. Namun tenang, penyakit ini akan hilang seiring bertambahnya usia si kecil. Tapi kalau hal tersebut tidak terjadi pada anak Anda, lebih baik segera periksakan ke dokter ya.

Urticaria
Urticaria ditandai dengan munculnya bercak kemerahan di kulit. Masalah ini biasanya disebabkan oleh suhu yang ekstrim, kacang-kacangan, telur, dan obat-obatan. Walaupun kelihatannya ringan, gangguan ini bisa menjadi serius kalau sudah disertai sesak nafas.

Kulit si kecil berbeda dengan orang dewasa. Dia masih belum terbiasa dengan aneka bahan kimia atau sebagainya. Untuk itu, jika si kecil mengalami beberapa gejala masalah tadi, segera periksakan ke dokter untuk penganan medis yang lebih lanjut. Semoga informasinya bisa membantu ya!

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait