@shutterstock

Mengenalkan Pentingnya Air Bagi Kehidupan Anak

Tepat di Water Day ini, edukasi si Kecil tentang pentingnya air bagi kehidupan. Kesediaan air bersih dapat mempengaruhi kesehatan, lingkungan, dan jalannya perekonomian. Akhir-akhir ini kesediaan air semakin terbatas dan rentan kontaminasi logam berat dan bakteri dapat yang membahayakan kesehatan.

Awali konservasi air dari rumah dengan mengajarkan cara-cara menghemat air secara tepat pada anak-anak.

Tekankan Pentingnya Air

Tanpa air, tidak akan ada kehidupan di muka bumi. Manusia, hewan, dan tumbuhan butuh air untuk tetap hidup, tumbuh dan berkembang, serta menjaga kesehatan tubuh. Sumber-sumber air bisa berasal dari hujan, salju, danau, sungai, laut, dan mata air. Berikan pengetahuan dasar ini lewat membaca buku bersama atau dampingi anak-anak saat menonton acara TV.

Matikan Keran yang Tidak Digunakan

Hanya dengan mematikan keran saat menyikat gigi atau menyabuni tangan dan wajah dapat menyimpan hingga 8 galon air. Ingatkan si Kecil untuk melakukan hal tersebut dan tidak membiarkan air terbuang secara percuma. Selain itu, pastikan mematikannya dengan erat, karena tetesan air yang kecil dan lambat, akan memenuhi bak dan meluber sehingga juga dapat membuang banyak air.

Gunakan Shower

Mandi dengan menggunakan shower akan lebih menghemat air ketimbang menggunakan gayung atau berendam dalam bak. Memakai shower hanya akan menghabiskan 10 galon air, sedangkan untuk berendam butuh 70 galon untuk mengisi bak hingga penuh. Untuk menyimpan lebih banyak air, batasi waktu mandi tidak lebih dari 5 menit. Selain menyimpan banyak air, tidak ada lagi antrian kamar mandi dan telat berangkat hanya karena si Kecil atau anggota keluarga lainnya terlalu lama berada di kamar mandi.

Manfaatkan Air Sisa

Dorong si Kecil untuk mengumpulkan air bekas mencuci beras, sayur, atau sisa air dalam botol minum dan menggunakannya untuk menyiram tanaman. Selain menghemat air, tanaman juga bisa tumbuh makin subur karena mendapatkan nutrisi yang tersisa dari air cucian tersebut. Jangan lakukan penyiraman saat siang hari karena sebagian besar air akan menguap sebelum tanaman punya waktu untuk menyerapnya. Air bekas membilas pakaian juga bisa digunakan untuk membersihkan kamar mandi, mencuci mobil, dan menyiram lantai yang kotor karena hewan peliharaan.

Tidak susah kan mengajarkan si Kecil menghemat air. Lakukan mulai dari sekarang ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait