@shutterstock

Mengintip Nutrisi Jus Kedondong Yang Kian Populer

Siapa sih yang tidak kenal buah satu ini? Rasa asam dan crunchy akan memberikan sensasi unik dalam mulut. Kedondong paling enak disantap dengan bumbu rujak manis pedas atau dikocok dengan taburan garam, gula, dan irisan cabe. So yummy!

Tapi tahu tidak, ternyata kedondong juga bisa dinikmati dalam bentuk jus. Untuk membuat minuman segar ini Anda membutuhkan 3 buah kedondong, 1 buah lemon segar, 2 buah apel, dan sedikit parsley. Sebelum mengolahnya, cuci dulu bahan-bahan tadi dengan air bersih, baru setelah itu, potong-potong dan masukkan dalam blender. Untuk lemon, peras hingga keluar sarinya, baru campurkan dengan bahan-bahan tadi. Tuangkan 250 ml air, dan beberapa sendok es batu. Blend hingga semuanya halus dan sajikan.

Tak hanya menyegarkan, jus kedondong juga memiliki banyak nutrisi dan manfaat sehat. Apa saja itu? Cari tahu yuk!

Mengatasi diare
Perut Anda bermasalah? Atasi segera dengan kedondong. Mengonsumsi  100 gram kedondong muda dalam satu hari akan membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatannya. Dalam buah kedondong muda, kandungan serat dan airnya masih cukup banyak sehingga tidak akan memberikan efek samping. Namun rasanya masam sekali, jadi hati-hati ya!

Antioksidan tubuh
Eits, meskipun rasanya masam, buah ini punya banyak kandungan vitamin C yang berperan penting sebagai antioksidan dalam tubuh. Selain itu, ada juga kandungan vitamin A yang akan meningkatkan daya tahan tubuh dan melindunginya dari radikal bebas.

Meredakan anemia
100 gram buah kedondong memiliki kandungan zat besi sebanyak 30 miligram. Jumlah ini cukup banyak untuk membantu meredakan anemia.  Zat besi juga berfungsi meningkatkan produksi sel darah merah dan melancarkan aliran oksigen ke seluruh tubuh, seperti yang dijelaskan dalam situs frutisinfo.com.

Buah yang satu ini memang unik. Selain punya manfaat sehat, daging buahnya juga sedikit keras sehingga butuh tenaga ekstra untuk memecahkannya. Meskipun begitu, Anda boleh menikmati olahan jus kedondong hingga 500 ml dalam sehari. Langsung cobain yuk!

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait