©shutterstok

Mengulik Pokcoy, Si Gembul Kaya Nutrisi

Pokcoy, yang dikenal juga dengan nama bok choy atau sawi daging ini tidak hanya digemari karena rasa dan kerenyahannya, tapi juga nutrisinya yang tinggi. Sayuran yang bisa dimakan daun maupun batangnya ini bisa dilalap, dimasukkan dalam salad, atau dimasak dalam bentuk tumisan atau sup.

Manfaat dan kesehatan nilai nutrisi dalam pokcoy menurut situs Whfoods, bisa disimak di poin-poin berikut ini ya, Bu.

Antioksidan

Satu cangkir pokcoy yang sudah dipotong-potong memenuhi 59% nilai nutrisi vitamin C dan 40% dari asupan sehari penuh bagi vitamin A. Vitamin C bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh untuk melindungi sel dari kerusakan dengan menetralisir radikal bebas. Beta karoten yang ditemukan dalam pakcoy akan diubah menjadi vitamin A, yang berperan melindungi kesehatan mata. Selain vitamin-vitamin tersebut, sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin yang berperan meminimalkan penurunan daya penglihatan saat si Kecil tumbuh dewasa.

Menjaga Kesehatan Tulang

Selain kalsium, Ibu perlu memasukkan asupan magnesium, fosfor, dan vitamin K untuk membangun dan mempertahankan tulang yang kuat. Kalsium dan fosfor bergabung untuk membentuk hidroksiapatit, mineral utama dalam tulang dan gigi, sedangkan magnesium berperan dalam produksi kolagen dalam tulang. Vitamin K tidak hanya berperan dalam pembekuan darah, tapi juga mengatur mineralisasi tulang. Satu porsi pakcoy yang setara dengan 170 gram akan memenuhi 5% dari kebutuhan magnesium, 7% fosfor, 16% kalsium, dan 64% vitamin K yang direkomendasikan bagi kecukupan nutrisi harian.

Kesehatan Jantung

Folat dan vitamin B6 berperan dalam mengurangi pembentukan asam amino homosistein dalam darah. Tingginya tingkat asam amino ini dapat meningkatkan rirsko penyakit jantung. Untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular sejak dini, masukkan 1 cangkir sayuran pakcoy dalam menu harian si kecil, dalam mendapatkan 17% dari kebutuhan folat dan 16% vitamin B6, yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu juga memenuhi 18% dari nilai harian kalium yang berperan dalam pengaturan denyut jantung.

Tips Memasak Pokcoy

Tidak seperti sayuran lainnya, hampir semua bagian pokcoy dapat diolah dan tanpa memerlukan banyak pemotongan. Potong bagian pangkalnya dan diamkan selama menimal 5 menit sebelum dimasak, kemudian untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar, tetesi dengan perasan jeruk nipis untuk meningkatkan kadar fitonutrien yang baik bagi tubuh. Untuk memasak, penumisan adalah cara terbaik untuk mendapatkan hasil yang lezat tanpa mengurangi nutrisi di dalamnya.

Masukkan pokcoy ke dalam menu harian keluarga untuk mendapatkan nutrisi-nutrisi penting bagi tubuh.

Share artikel ini:

Artikel Terkait