@shutterstock

Menyimpan Banyak Kandungan Lemak, Bolehkan Bebek Dikonsumsi Si Kecil?

Bebek biasanya lebih jarang dikonsumsi daripada ayam, karena kesulitan dalam mengolahnya dan terkenal tinggi kandungan lemak maupun kolesterolnya. Padahal daging bebek punya rasa yang kaya dan merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh.

Ulik dulu yuk nilai nutrisi yang terkandung dalam daging bebek ini.

Protein Lengkap

Daging bebek membantu Ibu meningkatkan asupan protein si Kecil. Seperti daging lainnya, bebek menyediakan protein lengkap yang mencakup setiap asam amino yang dibutuhkan tubuhnya. Setiap 3,5 ons porsi daging bebek mentah tanpa kulit mengandung 18 gram protein. Protein mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu menjaga jaringan sel-sel tubuh, serta membuat kulit si Kecil tetap sehat.

Zinc dan Selenium

Menambahkan daging bebek pada menu makan si Kecil akan meningkatkan asupan selenium dan zinc. Kedua mineral ini berperan dalam fungsi enzim dan mengaktifkan enzim yang diperlukan untuk metabolisme yang sehat. Zinc juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Setiap porsi 3,5 ons daging bebek mengandung 1,9 mg zinc dan 14 mikrogram selenium atau seperempat dari kebutuhan asupan harian.

Karbohidrat dan Lemak

Jika Anda mencari makanan yang rendah karbohidrat, bebek adalah pilihan yang sangat baik. Memakan 3 ons bebek mengandung sekitar 5 gram lemak, kurang dari 1 gram karbohidrat, dan sekitar 65 mg kolesterol. The American Heart Association menyarankan untuk membatasi asupan kolesterol makanan menjadi kurang dari 300 mg setiap hari untuk mengurangi risiko terkena penyakit seperti jantung koroner dan stroke. Tidak hanya itu, 85 gram daging bebek tanpa kulit akan memberikan 115 kalori, menurut US Department of Agriculture National Nutrient Database for Standard Reference.

Vitamin B5 dan B12

Setiap porsi bebek mengandung 1,6 mg vitamin B5 atau asam pantotenat yaitu sekitar 32% dari asupan harian yang direkomendasikan, serta 0,4 mikrogram vitamin B12 atau 17% dari kebutuhan harian. Kedua vitamin tersebut mendukung dan  melindungi kerja sistem saraf dari kerusakan.

Untuk mengurangi dampak buruk tingginya lemak dan kolesterol, gunakan daging bebek tanpa kulit dan batasi konsumsinya tidak lebih dari seporsi per hari. Hindari memesan bebek renyah yang digoreng bersama kulitnya. Dipanggang atau direbus adalah pilihan yang lebih baik karena tidak lagi menambahkan minyak maupun mentega dalam proses memasaknya. Perkenalkan daging bebek yang kaya nutrisi pada si Kecil tanpa menambah asupan lemak maupun kalori yang tidak dibutuhkan pada menu makanannya ya. Dengan kata lain, bebek boleh dikonsumsi oleh si kecil asalkan porsi dan cara penyajiannya tepat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait