©shutterstock

Merengek Seharian, Bisa Jadi Si Kecil Sedang Tidak Enak Badan

Merengek sering jadi andalan anak-anak untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Tapi jika berlangsung terus-menerus, Anda harus mewaspadainya sebagai tanda kondisi badannya yang sedang tidak sehat. Amati gejala-gejala lain saat si Kecil sedang merasa tidak enak badan ya.

Mual dan Muntah

Gejala yang paling mudah terlihat adalah saat si Kecil mengalami mual dan muntah. Biasanya, gangguan kesehatan ini disebabkan oleh infeksi virus sederhana, demikian pernyataan Vincent lanelli, MD, seorang dokter anak bersertifikat dari WebMD Foundation serta penulis The Everything Father’s First Year Book. Untuk mencegahnya mengalami dehidrasi, berikan asupan cairan dalam jumlah kecil sesering mungkin. Jangan memaksanya untuk makan berat, tapi tawarkan makanan seperti biskuit atau bubur untuk memberikan tenaga bagi tubuhnya.

Demam

Demam biasanya menjadi tanda sistem kekebalan tubuh yang sedang berperang melawan virus yang masuk ke dalam tubuh. Dokter anak Barton Schmitt, MD, yang membawahi After Hours Call Center di Children’s Hospital di Aurora, Amerika Serikat menyarankan para orang tua agar tidak perlu khawatir. Untuk membuat anak lebih nyaman, lakukan kompres hangat, cukupi asupan cairan, dan berikan obat penurun panas, apabila diperlukan.

Batuk dan Pilek

Tanda-tanda ini sering terjadi pada anak-anak yang mengalami infeksi saluran pernafasan atas, seperti flu. Jika dirasa mengganggu, Dr. Vincent menyarankan agar memberikan obat untuk meringankan gejala-gejalanya. Pengobatan lain yang bisa membantu adalah menggunakan larutan air garam untuk membersihkan saluran hidung agar terbebas dari ingus dan mencegah infeksi tenggorokan.

Sakit Kepala

Pada umumnya, gangguan kesehatan ini disebabkan oleh otot-otot yang tegang di area kulit kepala. Jika mengalami sakit kepala ringan, beristirahat atau mengonsumsi obat penurun rasa nyeri dapat digunakan untuk mengatasinya. Tapi apabila kondisi tersebut bertahan selama beberapa jam hingga melumpuhkan aktivitas anak, Dr. Barton menyarankan untuk segera menghubungi dokter. Sakit kepala yang dikombinasikan dengan demam, muntah, ruam, atau leher kaku harus dievaluasi secepatnya, karena berisiko mengalami infeksi serius atau keadaan darurat medis seperti meningitis.

Semoga dengan penjelasan di atas dapat memberikan informasi yang berguna bagi orangtua, untuk mendeteksi apakah si Kecil sedang tidak enak badan ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait