Ngemil Pun Ada Syaratnya Lho

Dalam pola makan sehat terdapat dua jenis makan yaitu, makan utama baik pagi, siang dan malam hari, dan makan selingan (snack). Semua menu makan tersebut perlu disajikan dengan  lengkap dan penuh dengan gizi. Begitu pula dengan camilan. Anda perlu memperhatikannya agar si kecil tidak sampai jajan  sembarangan.

Supaya camilan si kecil lebih maksimal, yuk perhatikan syaratnya di bawah ini.

Waktu
Waktu yang tepat saat memberikan makanan selingan adalah antara makan pagi dan makan siang sekitar pukul 10.00 dan di antara makan siang dan makan malam sekitar pukul 16.00. Usahakan saat memberikan snack pada anak jangan terlalu dekat dengan makan utama ya. Karena, akan menyebabkan anak malas makan. Untuk porsi makanan selingan juga jangan terlalu besar, sehingga anak tidak kekenyangan.

Variasi Menu
Jika Ibu sudah menyiapkan menu yang mengandung protein pada siang hari, sebaiknya pada menu sore siapkan menu yang mengandung kebutuhan vitamin dan mineral anak. Dengan begitu makanan selingan anak menjadi seimbang. Hindarkan camilan dengan rasa manis berlebihan serta tinggi lemak pada si kecil. Sebab, dapat mengenyangkan dan menghilangkan nafsu makan anak saat jam makan utama tiba.

Variasi Bentuk
Sajikan menu selingan dengan tampilan yang menarik. Buatlah bentuk yang lucu dan warna yang menarik agar anak tidak cepat bosan. Sajikan juga dalam piring saji yang menarik agar nafsu makan anak bertambah. Misalnya saja, piring atau gelas saji bergambar tokoh kartun kesukaan anak.

Oleh karena snack untuk anak sangat penting, jadi jangan asal sajikan camilan untuknya. Perhatikan kandungan nutrisinya agar camilan yang dimakan benar-benar bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait