@shutterstock

Nutrisi Lengkap Ubi Cilembu

Selama berabad-abad, orang-orang di seluruh dunia telah mengonsumsi ubi jalar sebagai makanan pokok, karena kandungannya yang kaya nutrisi dan serat. Indonesia memiliki satu jenis ubi yang terkenal yang disebut Ubi Cilembu. Umbi ini disebut Ubi Cilembu karena pertama-tama hanya tumbuh di desa Cilembu, sebuah desa di Sumedang, Jawa Barat.

Ubi Cilembu terkenal dengan dagingnya yang berwarna oranye terang, memiliki tekstur lembut yang sangat khas dan manis yang mirip dengan rasa madu. Selain lezat, umbi yang satu ini memiliki nilai nutrisi yang cukup lengkap. Apa saja ya?

Kalori

Satu ubi Cilembu berukuran sedang mempunyai panjang sekitar 5 inci dan diameter sebesar 2 inci. Ketika dibakar dalam kulitnya, tanpa penggunaan mentega atau minyak, umbi ini mengandung 103 kalori per 100 gram. Ubi Cilembu adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang menjalani program diet atau sebagai camilan si Kecil karena tidak mengandung lemak dan kolesterol. The American Dietetic Association merekomendasikan menambahkan ubi ke dalam pola makan Anda. Selain dibakar dan dimakan langsung, bisa juga mengolahnya menjadi smoothies atau sebagai bahan pembuat roti dan muffin.

Tinggi Serat

Setiap 100 gram Ubi Cilembu dapat mengandung hingga 4 gram serat atau sekitar 24% dari kebutuhan serat yang direkomendasikan setiap hari. The American Heart Association menyarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan kaya serat untuk membantu menurunkan kolesterol, kadar gula darah, dan mengurangi risiko stroke.

Antioksidan

Ubi Cilembu mengandung banyak pigmen karotenoid yang memberikan warna daging oranye. Menurut situs WHfoods, ubi jalar telah terbukti menjadi cara yang sangat efektif untuk memberikan anak-anak usia sekolah sejumlah besar vitamin A. Dalam beberapa penelitian, ubi jalar telah terbukti menjadi sumber karoten lebih baik ketimbang sayuran berdaun hijau. Ubi Cilembu juga mengandung tinggi vitamin C yang dapat memenuhi 52% dari kebutuhan tubuh yang disarankan per hari. Bekerjasama dengan betakarotene, kedua antioksidan ini bekerja untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh, anti-inflamasi, dan dapat mengurang risiko terkena kanker, menurut National Cancer Institute.

Kaya Mineral

Ubi Cilembu juga merupakan sumber mineral seperti tembaga, mangan, kalium, dan fosfor. Dalam 200 gram penyajiannya, ubi ini mampu menyumbangkan 50% mangan, 36% tembaga, 26% kalium, dan 15% fosfor dari kebutuhan tubuh yang direkomendasikan setiap hari. Walau kadar mineral yang dibutuhkan oleh tubuh cukup kecil, kesediaannya membantu menjaga fungsi organ tubuh agar dapat bekerja dengan baik.

Perkenalkan Ubi Cilembu pada si Kecil, selain rasanya yang pasti disukai, juga untuk mendapatkan limpahan nutrisinya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait