@shutterstock

Nutrisi Sehat Anak Saat Olahraga

Anak-anak memiliki beragam aktivitas setiap harinya seperti belajar, bermain, les tambahan, dan olahraga. Nah, padatnya aktivitas si kecil ini harus didukung oleh asupan nutrisi yang tepat agar tidak mudah lelah dan jatuh sakit. Terutama pada saat olahraga, si kecil membutuhkan nutrisi tertentu untuk mendukung aktivitasnya. Budi Utomo, S.Pd., salah satu penulis Nestle mengatakan si kecil membutuhkan banyak nutrisi saat berolahraga agar senantiasa sehat dan bertenaga.

Protein
Dalam protein biasanya juga terkandung lemak yang dapat menyimpang cadangan tenaga saat tubuh berolahraga. Selain itu, protein memiliki peran sebagai zat pembangun di masa pertumbuhan serta mengganti sel yang rusak. Meski protein memiliki manfaat yang baik bagi si kecil, pemberian asupan protein yang terlalu besar juga dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat kinerja ginjal lebih berat.

Oleh karena itu, berikan asupan protein untuk anak sesuai dengan kebutuhannya yakni untuk anak usia 7-9 tahun adalah 45 gram per hari. Sedangkan untuk anak usia 10-12 tahun adalah 50 gram per hari. Sumber protein hewani terdiri dari susu, telur, daging, dan ikan serta sumber protein nabati semisal tahu, tempe, susu kedelai dan kacang-kacangan.

Vitamin
Pemberian asupan vitamin yang cukup dapat membuat tubuh si kecil prima dan tidak gampang sakit. Di sini vitamin berperan untuk melindungi anak dari serangan bakteri dan virus penyebab penyakit. Vitamin B, berperan dalam metabolisme tubuh seperti pada saat proses pelepasan energi saat beraktivitas. Vitamin ini banyak terdapat dalam buah-bahan, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Vitamin E, berfungsi untuk membantu proses distribusi oksigen ke seluruh tubuh.  Sumber utama vitamin ini terdapat pada minyak sunflower dan minyak zaitun. Kebutuhan vitamin E pada anak adalah sekitar 11mg per hari.

Vitamin C, berperan sebagai antioksidan, menjaga kesehatan jantung serta meningkatkan daya tahan tubuh. Anak yang aktif berolahraga sebaiknya mengonsumsi vitamin C yang cukup agar fisiknya senantiasa kuat dan tidak mudah sakit. Makanan sumber vitamin C terdapat pada buah-buahan, seperti jeruk, stroberi, kiwi dan jambu biji.

Mineral
Mineral esensial seperti kalsium diperlukan untuk mendukung fisik anak yang kuat dan struktur tulang yang sehat. Setidaknya dalam sehari anak memerlukan 1000mg kalsium. Mineral ini banyak terdapat dalam susu, keju, yogurt, ikan dan sayuran hijau.

Air putih
Air bukanlah nutrisi utama, namun memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh, yakni sebagai pembawa nutrisi ke seluruh tubuh. Dengan meminum air putih yang cukup si kecil akan terhindar dari dehidrasi saat berolahraga.

Dukung si kecil tetap aktif dan lincah berolahraga dengan memberikan nutrisi yang mendukung aktivitasnya ya. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait