@shutterstock

Olahraga Tepat Jauh Dari Dehidrasi

Saat berolahraga, apalagi ketika cuaca panas membuat si kecil banyak mengeluarkan keringat. Agar tidak mengalami dehidrasi, yuk segera ganti cairan tubuh yang hilang. Dilansir dari Budi Sutomo, S.Pd., jika tidak segera diatasi dehidrasi bisa mengakibatkan cedera fisik, pusing, bahkan pingsan akibat dehidrasi akut. Agar si kecil tidak mudah dehidrasi saat berolahraga, yuk simak ulasan yang berikut ini.

Konsumsi air putih yang cukup

Sebelum si kecil berangkat olahraga, pastikan Anda memberinya bekal air minum yang cukup ya. Meminum air putih di sela waktu olahraga dapat mengurangi risiko dehidrasi. Namun, perlu diketahui juga bahwa dehidrasi tidak hanya disebabkan oleh kekurangan air putih saja tapi juga kekurangan elektrolit, mineral dan garam. Untuk menggantikannya, diperlukan cairan dengan kandungan nutrisi yang kaya akan elektrolit, mineral dan garam seperti jus buah alami atau air kelapa.

Berikan asupan buah dan sayur

Mengonsumsi buah dan sayur yang tinggi kandungan air juga dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Misalnya saja daun selada, timun, brokoli, jeruk, semangka, kiwi, melon dan anggur. Berikan buah dan sayur kaya air ini sebelum atau sesudah berolahraga agar kebutuhan cairannya dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu, buah dan sayur yang kaya vitamin dan mineral baik untuk menjaga stamina tubuh tetap sehat saat berolahraga.

Jangan menunggu rasa haus

Keceriaan saat berolahraga membuat si kecil lupa jika sedang merasa haus dan lapar. Untuk menghindari hal ini terjadi berikan satu atau dua gelas air putih 20-30 menit sebelum si kecil mulai berolahraga. Kemudian, untuk memastikan si kecil tidak kekurangan cairan berikan 100-200 ml atau sekitar 1/2 sampai satu gelas air setiap 15-20 menit selama dia berlatih. Penjadwalan minum ini dapat mencegah dehidrasi ringan lantaran malas minum saat berolahraga.

Selalu perhatikan asupan minum si kecil saat berolahraga agar tidak mudah mengalami dehidrasi ya. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi keluarga Anda.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait