©shutterstock

Peran Omega-3 untuk Kesehatan Jantung

Berbicara tentang omega- 3 tak lepas dari makanan laut terutama salmon dan tuna. Wajar saja, karena makanan tersebut termasuk sumber asam lemak omega-3 yang paling tinggi. Omega-3 termasuk kategori lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Alasan inilah yang membuat asam lemak omega-3 memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk menjaga kesehatan jantung. Lantas, apa yang mendasari omega-3 ini baik untuk jantung?

Dr. William S. Harris, ahli kesehatan jantung asal Amerika memberikan penjelasan berikut ini.

 

Omega-3 menurunkan tekanan darah

Di samping sebagai pusat kehidupan, jantung merupakan pompa utama darah dalam tubuh. Dari dalam sini darah akan keluar-masuk untuk dipisahkan. Darah yang kaya oksigen akan diedarkan ke seluruh tubuh, sementara darah yang banyak kandungan karbondioksidanya akan diproses dalam jantung dan diubah menjadi kaya oksigen lagi. Jika tekanan darah tidak stabil sudah barang tentu akan mengganggu kesehatan jantung. Adanya omega-3 dapat membantu menurunkan tekanan darah kala meningkat secara tiba-tiba.

 

Omega-3 menurunkan lemak tak sehat

Darah tidak hanya mengandung cairan dan sel darah saja. Di dalamnya juga terdapat beragam zat gizi seperti lemak. Bila jumlah lemak ini berlebihan akan menyebabkan proses peredaran darah terganggu. Dalam jumlah yang lebih besar, lemak tak sehat ini dapat menjadi sumbatan pada pembuluh darah hingga akhirnya mengancam kesehatan jantung. Omega-3 dapat mereduksi lemak-lemak tak sehat dalam tubuh dan menguraikannya agar lebih berguna dalam tubuh.

 

Omega-3 membersihkan pembuluh darah

Untuk menyalurkan darah ke seluruh tubuh, jantung dibantu oleh pembuluh darah. Saluran ini akan mengantarkan beragam darah kaya nutrisi ke seluruh tubuh termasuk otak. Maka dari itu perlu rutin dibersihkan agar tidak ada plak kolesterol yang menyumbat pembuluh darah. Asam lemak omega-3 memiliki fungsi memecahkan kolesterol yang berada dalam pembuluh darah. Saluran darah menjadi lebih bersih dan jantung tetap bekerja dengan sehat.

 

Omega-3 menyeimbangkan detak jantung

Ciri jantung yang sehat memiliki ritme detak jantung yang stabil dalam setiap detiknya. Selama prosesnya jantung tak selalu dapat bekerja dengan lancar. Gaya hidup berkolestrol tinggi seperti memilih makanan yang kurang sehat membuat jantung lebih banyak menerima beragam zat berbahaya seperti radikal bebas. Belum lagi, aktivitas fisik seperti olahraga yang sering terlupakan membuat jantung semakin tak teratur ritme detakannya.

 

Omega-3 di sini dapat berperan sebagai pelindung agar jantung tak mudah terserang gangguan seperti radikal bebas. Segeralah menikmati sumber makanan yang kaya omega-3 seperti salmon, tuna, almond dan kerang dalam setiap menu harian Anda. Imbangi dengan olahraga secara teratur agar jantung tetap sehat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait