@shutterstock

Sajian Makanan Penunjang Daya Tahan Tubuh

Di musim yang masih terus berganti seperti sekarang, daya tahan tubuh harus dijaga dengan baik. Cuaca yang tidak menentu bisa mengakibatkan beragam gangguan kesehatan, sehingga dibutuhkan tindakan pencegahan. Oleh karena itu, selalu sediakan 4 bahan makanan penunjang daya tahan tubuh berikut ini yuk!

Yoghurt
Bahan makanan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Di balik rasanya yang lezat, yoghurt menyimpan banyak sekali manfaat hebat bagi kesehatan. Sebuah penelitian dari University of Vienna, Austria menemukan bahwa mengonsumsi 7 ons yoghurt dalam sehari dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sama dengan yang diberikan oleh suplemen. Jadi, kalau Anda tidak terbiasa mengonsumsi suplemen, yoghurt bisa jadi pilihan tepat untuk menggantikannya.

Teh
Minuman satu ini adalah teman di segala suasana. Saat matahari bersinar dengan teriknya, segelas es teh akan memberikan kesegaran yang luar biasa. Sebaliknya saat dingin, secangkir teh hangat adalah pilihan yang tepat untuk menghangatkan badan. Beberapa varian teh seperti black tea bahkan memiliki asam amino tinggi yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dan varian teh hijau akan membantu membuat badan rileks.

Seafood
Aneka hasil laut seperti tiram, lobster, kepiting, dan kerang adalah menu wajib yang harus selalu stay di kulkas Anda. Keempat makanan tadi akan membantu sel darah putih memproduksi protein dalam tubuh dan mengusir virus flu. Selain itu, ada juga ikan salmon, makarel, dan herring yang kaya lemak omega-3. Dilansir dari Prevention, salah satu situs kesehatan Amerika, kandungan tersebut bagus untuk mengurangi peradangan, meningkatkan aliran udara, dan melindungi paru-paru dari virus flu dan infeksi. Menarik ya?

Ubi jalar
Dalam dunia kecantikan ubi jalar sangat terkenal lho. Tapi tunggu dulu, makanan yang satu ini ternyata juga bagus untuk menjaga daya tahan tubuh Anda dan si kecil. Menurut David Katz, M.D., director of Yale-Griffin Prevention Research Center di Derby, Connectitut, kandungan vitamin A dalam ubi jalar memainkan peran penting dalam kesehatan kulit dan juga meningkatkan sistem kekebalan. Selain itu rasanya juga lezat, mengenyangkan pula.

Well, apakah bahan-bahan tadi sudah tersedia  di lemari makanan Anda? Kalau belum, yuk segera dilengkapi. Selalu jaga kesehatan Anda dan keluarga ya!

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait