@shutterstock

Selamat, Anda Bisa Mengatur Konsumsi Gula Si Kecil

Berat badan si kecill sudah turun sesuai target? Atau, tekanan gula darahnya tetap stabil?  Berarti tandanya Anda telah sukses menjalankan diet gula padanya. Diet ini sangat sulit dilakukan, apalagi bagi pecinta manis.

Setelah lama tidak makan gula dan target berat badan sudah terpenuhi, jangan terlalu banyak memberikan makanan manis pada anak. Anda harus tetap menjaga asupan nutrisi yang masuk agar diet gula tidak sia-sia pada si kecil. Coba buat daftar perubahan apa yang terjadi setelah satu bulan mengonsumsi gula.

Gigi menjadi lebih sehat
Gigi terasa lebih sehat dan lebih baik dari sebelumnya. American Dental Association memperingatkan bahwa terlalu banyak makan gula saat diet dapat meningkatkan risiko gigi berlubang. Asam yang dibawa gula masuk ke dalam mulut. Selanjutnya, bakteri akan menguraikannya dan membuat gigi lebih rentan salah berlubang.

Hasil penelitian American Dental Association juga menunjukkan bahwa minuman ringan yang manis adalah penyebab utama gigi berlubang. Minuman ringan mengandung 11 sendok teh gula setiap kalengnya. Mengurangi konsumsi minuman dan makanan manis saat diet dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi.

Berat badan menjadi lebih ideal
Melihat angka timbangan yang lebih rendah dari sebelumnya pasti sangat menyenangkan. Makan gula dapat menyebabkan berat badan bertambah karena gula hanya memiliki kalori tetapi tidak memiliki nilai gizi. Mengonsumsi banyak kalori kosong akan memberikan sedikit ruang untuk makanan yang lebih bergizi dalam perut.

Menurut American Heart Association, hidangan pencuci mulut, soda dan minuman berenergi adalah alasan utama mengapa orang menambah asupan gula mereka ketika berdiet. Mengonsumsi tambahan 50 kalori per hari dapat menyebabkan berat badan naik sebesar 5 pon dalam satu tahun.

Jantung menjadi lebih sehat
Jantung juga akan menjadi lebih sehat karena kadar trigliserida dalam tubuh tetap stabil. Trigliserida adalah lemak dalam darah yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Pengaruh gula pada trigliserida mungkin lebih berbahaya bila terjadi pada laki-laki dari pada perempuan. American Heart Association mengatakan bahwa perempuan harus mengonsumsi tidak lebih dari enam sendok teh gula per harinya, sedangkan laki-laki sembilan sendok teh gula per harinya.

Membatasi makan gula dalam diet akan membuat Anda lebih banyak mengonsumsi makanan dan minuman bergizi secara teratur.

Share artikel ini:

Artikel Terkait