@shutterstock

Serba-serbi Nutrisi Rumput Laut

Bagi orang-orang yang tinggal di pesisir mungkin sudah tidak asing dengan rumput laut. Tanaman ini memang tumbuh subur di laut. Banyak orang memanfaatkannya untuk beragam olahan. Paling sering dimanfaatkan untuk pelengkap es buah yang menyegarkan. Uniknya, tak banyak orang yang tahu bila rumput laut merupakan bahan dasar agar-agar yang sering disajikan sebagai camilan.

Di Jepang rumput laut dikeringkan untuk dijadikan camilan yang disebut nori. Bila Anda penggemar sushi, pasti tidak asing dengan pembungkus hitam makanan yang serupa lemper Indonesia tersebut. Tapi, bukan norinya yang akan dibahas di sini melainkan nutrisi rumput laut yang ternyata begitu melimpah dan baik untuk menunjang kesehatan. Apa saja? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Serat

Serat yang ada dalam rumput laut memiliki nama sendiri yang dikenal sebagai alginat. Serat tersebut memiliki manfaat yang baik untuk membantu proses pencernaan dan penyerapan lemak. Menurut Dr. Iain Brownlee dan Profesor Jeff Pearson, peneliti gizi dan kesehatan dari Newcastle University, serat yang ada dalam rumput laut mampu menyerap lemak hingga 75 persen. Asupan serat yang cukup juga bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Vitamin

Sumber nutrisi lain yang ada dalam rumput laut adalah vitamin. Sama halnya sayuran, vitamin yang ada dalam rumput laut juga memiliki manfaat yang baik untuk menunjang kesehatan. Dr. Iain menjelaskan rumput laut mengandung vitamin B-12 dan vitamin A yang masing-masing memiliki peran yang baik untuk menunjang pembentukan sel darah merah dan menjaga kesehatan kulit.

Mineral

Jika pada sayuran juga ditemukan mineral selain vitamin, maka hal serupa juga ditemukan dalam rumput laut. Profesor Jeff menjelaskan rumput laut menyimpan kalsium yang baik untuk menunjang kesehatan kulit dan pembentukan energi. Untuk rumput laut yang berwarna cokelat mengandung fukosantin yang mampu mengubah lemak menjadi energi dalam proses metabolisme.

Asam Lemak Omega-3

Nutrisi rumput laut memang patut untuk diacungi jempol. Habitatnya yang ada di laut ternyata membuatnya juga mengandung omega-3 layaknya ikan laut. Dr. Iain menjelaskan omega-3 sangat baik untuk menunjang perkembangan otak terutama pada anak-anak.

Makanlah rumput laut sebanyak 100 gram sehari. Anda bisa membuatnya menjadi sup maupun dimakan langsung sebagai salad. Masaklah sampai matang agar lebih lunak saat dimakan. Semangkuk sup rumput laut mengandung 30 kalori, sehingga tak perlu khawatir untuk mengonsumsinya dua kali sehari. Selamat menikmati ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait