©shutterstock

Siapa Bilang Makan Ubi Manis Bikin Si Kecil Susah Pintar?

Ada anggapan di masyarakat orang yang banyak makan ubi manis atau telo bisa menjadi bodoh. Tanpa landasan yang kuat, anggapan ini seolah sudah merebak ke mana-mana. Berbanding terbalik dengan anggapan keliru ini, ubi manis justru menjadi sumber makanan yang kaya gizi dan banyak memiliki manfaat bagi kesehatan.

Jennifer Houston, penggiat kesehatan dari Womanitely.com menyampaikannya sebagai berikut.

Tinggi antioksidan
Terlepas dari rasanya yang manis, umbi-umbian ini ternyata menyimpan banyak antioksidan. Zat yang terkandung di dalamnya adalah antosianin. Zat ini berperan sebagai anti inflamasi juga dapat menjaga daya tahan tubuh. Ada juga beta-karoten yang juga merupakan antioksidan dalam ubi manis. Selain dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit, beta-karoten juga yang membuat warna ubi manis menjadi oranye.

Sumber vitamin A
Di sisi lain beta-karoten merupakan sumber kebutuhan vitamin A dalam tubuh. Vitamin ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sebuah ubi manis berukuran sedang bisa menyumbangkan kebutuhan vitamin A harian dalam tubuh hingga 200 persen.

Kontrol gula darah
Selain vitamin, ubi manis juga mengandung banyak karbohidrat. Istimewanya, karbohidrat yang terkandung dalam ubi manis mengandung adiponektin. Zat ini dapat memodifikasi metabolisme insulin sehingga dapat membantu kontrol gula darah yang ada dalam tubuh.

Sehat buat jantung
Lebih lanjut, ubi manis juga menjadi sumber kalium dan vitamin B6 yang cukup bagus. Kedua sumber nutrisi ini dapat mempromosikan kesehatan jantung. Kalium dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi. Sementara, vitamin B6 memiliki fungsi memecah homositein, yaitu zat yang dapat menghambat kelancaran peredaran darah dalam pembuluh darah arteri.

Sumber vitamin C
Ada lagi vitamin yang juga bisa ditemukan dalam ubi manis ini, yaitu vitamin C. Walau tidak memiliki rasa yang asam layaknya buah jeruk, tetapi kandungan vitamin C ubi manis tidak kalah maksimal. Vitamin C berfungsi memaksimalkan produksi kolagen yang amat penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik. Sebuah ubi manis ukuran sedang dapat menyumbangkan vitamin C harian sebanyak 40 persen.

Masih percaya ubi manis sebabkan anak susah pintar?

Share artikel ini:

Artikel Terkait